Dua Terdakwa Kasus Pembalakan Liar Divonis Bebas

0
509

Dua Terdakwa Kasus Pembalakan Liar Divonis Bebas Hukum

ZONA HUKRIM – Dua terdakwa kasus pembalakan liar yakni Sutrisno Lengkung (40) dan Imbran Paputungan (21) keduannya warga Desa Dumoga II Kecamatan Dumoga Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow divonis bebas oleh Majelis Hakim dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu, Kamis (20/2) sekira pukul 10.00 Wita pagi tadi.

Putusan dengan nomor 260/Pid.B/2013/PN.Ktg yang dibacakan majelis hakim yang diketuai I Made Dewa Budi Watsara SH, anggota Christy Angelina Leatemia SH dan B. M. Cintia Buana SH, menyatakan kedua terdakwa terbukti melakukan perbuatan yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan tetapi perbuatan keduannya bukan merupakan suatu tindak pidana, dengannya kedua terdakwa dibebaskan dari segala tuntutan hukum serta dalam putusan Majelis Hakim memerintahkan agar kedua terdakwa dibebaskan dari tahanan.

Diketahui, kasus ini bermula saat kedua terdakwa ditangkap petugas karena menebang kayu di lokasi yang diduga merupakan kawasan hutan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW), namun dalam rentetan persidangan kedua terdakwa menolak didampingi penasehat hukum dan menghadapi sendiri persidangan, alhasil keduannya mampu membuktikan bahwa lokasi penebangan pohon tersebut bukan merupakan lahan hutan TNBNW.

Terkait Putusan bebas yang dijatuhi Majelis Hakim, belum diketahui apakah JPU akan melakukan upaya banding atau tidak, upaya konfirmasi kepada JPU Mariyani hingga berita ini dtayangkan belum berhasil.(zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here