Efisiensi Anggaran, Kegiatan tak Penting Dipangkas

0
188
Efisiensi Anggaran, Kegiatan tak Penting Dipangkas Kotamobagu
Ilustrasi

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) memastikan akan mengefisiensi anggaran pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018. Hal ini diutarakan Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Helftrits Lahimade.

Menurutnya, sejumlah kegiatan yang belum terlalu mendesak dan bukan skala prioritas akan dipangkas. Hal itu dilakukan guna mengefisiensi beban belanja dalam APBD Perubahan. “Kegiatan yang belum prioritas akan kita pending dulu, seperti belanja perjalanan dinas, makan minum dan kegiatan lain yang belum mendesak. Untuk kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan publik, tetap akan kita akomodir,” katanya.

Ia mengungkapkan, saat ini sementara dilakukan fasilitasi Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Perubahan dan selanjutnya akan masuk pada penyusunan draf Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Perubahan. “Ini akan kita pacu, karena ibu walikota menargetkan Bulan Agustus sudah dibawa ke dewan untuk dibahas bersama. Mudah-mudahan semua berjalan sesuai yang kita harapkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPKD Inontat Makalalag, menerangkan ada beberapa hal yang menjadi skala prioritas pada APBD Perubahan. Salah satunya adalah pelunasan utang ke pihak ketiga yang belum terselesaikan tahun lalu. Ada sekitar enam miliar untuk beberapa kegiatan, termasuk pembangunan tower rumah sakit,” terangnya.

Ia memastikan, APBD Perubahan takkan mengakomodir kegiatan-kegiatan fisik yang waktu pengerjaannya memakan waktu beberapa bulan. “Tidak ada kegiatan fisik, karena pertimbangan waktu pengerjaannya memakan waktu yang lama sementara tahun anggaran tinggal menyisahkan beberapa bulan lagi,” tambahnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here