Eks Caleg Hanura Lolos Penjaringan PPK di Boltim

0
424

Eks Caleg Hanura Lolos Penjaringan PPK di Boltim Boltim  ZONA BOLTIM – Sejumlah elemen mempertanyakan langkah KPUD Bolmong Timur (Boltim), meloloskan nama salah satu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tutuyan yang diketahui mantan calon legislatif (Caleg) pada Pemilu 2014 lalu.

Anggota PPK Tutuyan yang diloloskan tersebut berinisial ID alias Is. Ia tercatat sebagai eks caleg partai Hanura daerah pemilihan Bitung II, sebagaimana terungkap lewat penulusuran di laman KPU RI, http://caleg.kpu.go.id/browse_dprd2.php.

Divisi Hukum dan Penindakan Panwaslu Boltim, Hariyanto menegaskan, pihaknya telah mengambil langkah koordinatif dengan KPUD setempat perihal laporan tersebut. “Temuan ini masih kita telusuri keabsahan eks caleg yang lolos sebagai PPK. Tidaklanjut sudah kita sampaikan ke KPUD,” sebut Hari lewat layanan Blackberry Messenger (BBM), Minggu (10/05).

Komisioner KPUD Boltim, Iwan Tololiu yang membidangi teknis perekrutan PPK membenarkan informasi tersebut. Pihaknya bahkan telah mengklarifikasi kepada yang bersangkutan usai mendapat laporan dari sejumlah wartawan.

“Usai menerima laporan, kami langsung mengklarifikasi kepada yang bersangkutan. Dan dia tidak membantah pernah tercatat sebagai caleg Hanura di Bitung tahun 2014,” terang Iwan.

Kendati tidak menampik pihaknya telah lalai meloloskan eks caleg sebagai anggota PPK. Iwan mengaku, laporan masyarakat merupakan acuan KPUD saat meloloskan dan melantik mereka. “Kami pun sudah melaporkan ke KPU Propinsi. Bila terbukti yang bersangkutan akan diganti,” jelasnya.

Terkait siapa yang bakal mengganti posisi ID ini, KPUD berpatokan pada nomor urut hasil rekrutmen PPK. “Proses penggantian pastinya sesuai nomor urut. Sebab per kecamatan jumlah PPK sebanyak lima orang,” tutup Iwan.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here