Eyang Ajak Kepala Daerah se BMR Adili PLN KK

0
410
Eyang Ajak Kepala Daerah se BMR Adili PLN KK Boltim
PLN KK sempat didemo beberapa bulan lalu oleh puluhan warga lantaran sering lakukan pemadaman

ZONA BOLTIM – Bupati Boltim Sehan Landjar mengusulkan, agar lima kepala daerah Kabupaten dan Kota se-Bolaang Mongondw Raya (BMR) secara bersama-sama memanggil pimpinan PLN Cabang Kota Kotamobagu (KK) dan memintanya memberikan penjelasan terkait persoalan pemadaman listrik selama beberapa tahun ini.

”Saya mengajak 5 Kepala Daerah di BMR panggil pimpinan PLN KK dan adili dihadapan rakyat,” ungkap Landjar dihadapan sejumlah wartawan, saat listrik padam, Rabu (02/06) malam lalu.

Ungkapan tersebut dilontarkan Eyang sapaan Bupati Boltim pertama pilihan rakyat ini, lantaran menurutnya pelayanan pihak PLN sejak dirinya dilantik tidak pernah membaik.

“Sejak saya dilantik persoalan mati-mati lampu ini tidak pernah selesai. Meski sebelumnya PLN berjanji tidak akan terjadi pemadaman setelah perbaikan jaringan. Namun hingga 2014 ini, terlebih dibulan puasa, intensitas pemadaman terus terjadi. Masyarakat sangat dirugikan,” kata Eyang.

Dirinya pun menduga ada yang tidak beres dengan PLN KK termasuk PLN Ranting Modayag yang menggunakan tenaga diesel. “Saya belajar dari pengalaman saya ketika masih akitif sebagai anggota dewan di Kabupaten Gorontalo 2007 silam. Buntut dari pemadaman listrik tak tentu waktu itu, diketahui ternyata ada penyelewengan jatah BBM jenis solar. Saat itu juga para pelaku ditangkap dan menjalani hukuman penjara,” kata Eyang menceritakan.

Lebih lanjut Bupati meminta kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sebaiknya mengaudit semua keuangan serta aset di PLN Cabang KK. Bahkan katanya, tidak ada salahnya Polres dan Kejaksaan melakukan penyelidikan untuk membuktikan apakah benar dugaan penyelewengan BBM pihak PLN yang berhembus dimasyarakat selama ini.

Sementara itu, pihak PLN KK dan Ranting Modayag hingga berita ini ditayangkan belum berhasil dikonfirmasi. Namun sebelumnya, Kepala PLN Ranting Modayag, I Nyoman Gede Prawira, pernah membantah dugaan adanya penyelewengan BBM solar yang mengakibatkan listrik sering padam. Kata dia saat diwawancarai zonabmr.com, adanya pemadaman listrik rutin, murni karena gangguan, baik dipembangkit listrik maupun lintasan jaringan.

Peliput: Gito Mokoagow

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here