Eyang: Orang Bergelar Belum Tentu Pintar

0
742
Eyang: Orang Bergelar Belum Tentu Pintar Boltim
Bupati Boltim Sehan Landjar

ZONA BOLTIM – Kritikan tajam dan sentilan terhadap pejabat di lingkungan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tak henti-hentinya dilontarkan Bupati Boltim Sehan Lanjar, baik dalam kegiatan maupun rapat dan apel Pewagai Negeri Sipil (PNS).

Menurut Bupati, bahwa untuk menjadi orang yang sukses, tidak perlu dengan gelar dan pangkat, tapi dengan kemauan terutama banyak bertanya tentang hal-hal yang tidak diketahui.

β€œItu kuncinya bila ingin menjadi sukses. Orang yang bergelar, belum tentu pintar. Contonya sudah ada di Boltim, dimana ada pejabat yang memiliki gelar sampai strata tiga (S3). Tetapi, setelah dipercayakan memegang satu jabatan, ternyata tidak mampu mengimplementasikan program saya,” singggungnya.

Dirinya menyayangkan, ketika dalam realisasi pemahaman program yang ada, kebanyak para staf bawahan dari pejabat itu yang lebih pintar. “Ini aneh dan terbalik keadaannya. Seharusnya, jabatan yang diamanahkan itu berarti pimpinan menilai pejabat yang bersangkutan mampu dan berusaha menjalankannya,” tegas Sehan.

Bupati yang akrab disapa Eyang ini lanjut mengungkapkan, untuk orang Jepang dan Amerika kebanyakan sukses bukan kerana gelarnya, tapi karena pekerja keras dan tidak pernah berhenti mencari tahu hal yang mereka inginkan.

“Kenapa orang Indonesia tidak bisa mengikuti jejak seperti orang Jepang dan Amerika. Karena orang Indonesia, waktunya lebih banyak ‘santai’ daripada kerja. Jadi, jangan bangga memiliki gelar banyak, kalau tidak bisa mengikuti sistim orang Jepang yang setiap waktu itu sangat berharga bagi mereka,” ujarnya.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here