Februari, 232 CPNS Mulai Magang

Februari, 232 CPNS Mulai Magang Kotamobagu
Faisal Pobela

ZONA KOTAMOBAGU – 232 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang baru saja dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), belum serta-merta diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Selain masih akan mengikuti prajab, terlebih dahulu para calon abdi negara itu diharuskan mengikuti magang di instansi Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu.

“Jadi setelah pemberkasan ini, mereka (CPNS) magang dulu sembari menunggu penerbitan NIP (Nomor Induk Pegawai),” kata Kepala Bidang Pengadaan dan Kompetensi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Faisal Pobela.

Lokasi magang CPNS katanya akan disesuaikan berdasarkan disiplin ilmu masing-masing. Namun demikian, ia mengaku pihaknya masih akan berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) selaku panglima Aparatur Sipil Negara (ASN). “Kita tunggu petunjuk dulu, apakah di BKPP atau disesuaikan dengan lokasi penempatan masing-masing,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, magang CPNS tersebut direncanakan akan dimulai Februari mendatang. Selama proses itu, katanya setiap CPNS sudah menggunakan seragam keki seperti yang digunakan PNS saat ini. “Magang ini merupakan masa orientasi CPNS di lingkungan kerja pemerintahan. Nanti akan kita awasi dan setiap saat dievaluasi soal disiplin dan kinerja masing-masing,” ungkapnya.

Usai proses magang, ia menambahkan para CPNS akan mengikuti prajab, dan selanjutnya diusulkan pengalihan status dari CPNS ke PNS. “Untuk jadwalnya kita masih tunggu petunjuk selanjutnya,” tambahnya. (ads/trz)

Leave a Response