Februari, Disdagkop Bongkar Bangunan Eks Gedung RSUDB

0
73
Februari, Disdagkop Bongkar Bangunan Eks Gedung RSUDB Kotamobagu
Bangunan eks RSUD Kotamobagu.

ZONA KOTAMOBAGU – Bangunan eks Rumah Sakit Umum Datoe Binangkang (RSUDB) yang berlokasi di Kelurahan Kotamobagu, segera dibongkar. Pembongkaran itu direncanakan dilakukan awal Februari mendatang. Usai dibongkar, lokasi eks gedung RSUD tertua di Bolmong Raya itu akan dijadikan kawasan kuliner oleh Pemerintah Kota (Pemkot).

“Rencananya akan dibongkar bulan depan karena akan segera ditata jadi kawasan kuliner,” kata Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM), Herman Aray.

Pengerjaan pembangunan kawasan kuliner direncanakan akan dimulai Maret mendatang, mulai dari penataan pelataran maupun sarana dan prasarana penunjang lainnya. “Lokasi itu sangat strategis untuk dijadikan kawasan kuliner. Areanya luas untuk ditempati pedagang, kemudian ada juga tempat parkirnya sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas,” ujarnya.

Lanjutnya, anggaran yang disiapkan untuk pembangunan kawasan kuliner itu sebesar Rp400 juta yang terbagi atas biaya pembongkaran bangunan eks gedung RSUD Rp50 juta, penataan kawasan kuliner Rp100 juta, penerangan Rp100 juta dan sarana penunjang lainnya Rp50 juta. “Kawasan kuliner ini akan dibuat sebaik mungkin, agar pedagang maupun pengunjung yang datang bisa merasa aman dan nyaman,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, pedagang yang akan ditempatkan di tempat itu adalah pedagang kuliner yang ada di Jalan Kartini dan kompleks Pasar Serasi. “Kita sudah data. Semuanya ada 150 pedagang. Pedagang kuliner di Jalan Kartini 80 orang, pedang di pasar buah dan sekitar Terminal Serasi sekitar 50 orang. Semua akan dipindahkan ke situ,” ungkapnya.

Selain pedagang-pedagang itu, ia mengatakan memberi kesempatan bagi pedagang lain yang hendak berjualan kuliner di kawasan tersebut. “Kalau ada pedagang baru, silahkan. Kita beri kesempatan. Kapasitas kawasan kuliner itu diperkirakan bisa menampung 200 pedagang,” tambahnya. (ads/trz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here