Flu Burung Kembali Serang Unggas di Desa Tombolikat Selatan

0
417
Flu Burung Kembali Serang Unggas di Desa Tombolikat Selatan Boltim
salah satu ternak milik warga yang mati mendadak (F: Rahman Igirisa)

ZONA BOLTIM – Meski belum lama ini Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Pemkab Boltim melakukan penyemprotan karena sejumlah unggas di Desa Tombolikat Selatan (Tomsel), Kecamatan Tutuyan, mati mendadak, namun peristiwa serupa kembali terjadi, Rabu (10/6).

Informasi didapat zonabmr.com, puluhan ekor ayam dan bebek milik warga desa Tomsel tiba-tiba mati tanpa diketahui penyebabnya. Kejadian itu sudah yang kedua kali di Desa tersebut, warga pun menduga matinya unggas karena terserang virus H5N1 atau flu burung.

“Mungkin virus flu burung yang menyerang unggas di Tomsel belum lama ini, bibit virusnya masih ada. Sehingga, diduga itu yang menyebabkan ternak bebek dan ayam kami mati mendadak,” kata pemilik ternak, Riswan Muhammad, Jumat (12/6).

Kepala Distanak Pemkab Boltim, Ramlah Mokodompis ketika dikonfirmasi mengatakan setelah dia mengetahui adanya kejadian serta laporan langsung dari pemilik unggas, pihaknya langsung turun lapangan melakukan penyemprotan kandang.

“Saya sudah turunkan petugas lapangan melakukan penyemprotan kandang yang ada unggasnya mati. Kami juga berharap kepada pemilik ternak di Boltim, jika ada kejadian seperti di Desa Tomsel, harap segera melapor agar virus ini cepat diatasi dan tidak menyerang ke manusia,” terang Mokodompis.

Reporter: Rahman Igirisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here