Gagal Raih Piala Adipura, Pemkot Kotamobagu Berbenah

0
190

Gagal Raih Piala Adipura, Pemkot Kotamobagu Berbenah Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Keinginan pemerintah dan masyarakat Kotamobagu untuk meraih piala adipura sebagai penghargaan atas keberhasilan mewujudkan lingkungan kota yang bersih 2015 ini, kandas. Itu disusul setelah tim independen adipura hanya memberikan nilai yang tak mencapai passing grade yang ditentukan.

Kepastian tidak diraihnya piala adipura tersebut, terlihat dari undangan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, nomor UN.2964/PSLB3-PS/2015 tentang penyerahan sertifkat adipura, Senin (23/11) pekan depan di Jakarta. Surat tersebut ditujukan kepada semua kepala daerah se-Indonesia yang mengikutinya.

“Ini baru sebatas pemberitahuan, undangan resminya nanti pada hari Minggu,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Mul’Alif Podutolo

Dia mengakui, salah satu factor kegagalan Kotamobagu meraih piala adipura adalah banyaknya kontestan yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Makin banyak kompetitornya, terutama untuk kategori kota kecil sehingga peluang untuk meraihnya juga semakin kecil. Sertifikat adipura ini sudah cukup membanggakan, karena tak semua daerah mendapatkannya,” aku Podutolo.

Sayangnya, ia enggan membeberkan kekurangan Pemkot sehingga gagal meraih piala adipura. “Passing grade terbesar 75 untuk TPA dan 74 untuk RTH. Kotamobagu di bawah angka yang ditentukan. Jadi ini bukan gagal, tapi belum berhasil. Mana yang menjadi kekurangan tahun ini, akan dibenahi di tahun-tahun mendatang,” aku Podutolo.

Diketahui, piala adipura mampir di Kotamobagu Tahun 2013 lalu semasa pemerintahan Djelita (Djelantik-Tatong).

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here