Gairah UKM Meningkat, Roda Ekonomi Masyarakat Berputar

0
233
Gairah UKM Meningkat, Roda Ekonomi Masyarakat Berputar Kotamobagu
Herman Aray

ZONA KOTAMOBAGU — Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terus berkembang. Data di Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, ada 15.056 UKM yang bergerak di Kota Kotamobagu. Terus berkembangnya UKM itu  tak lepas dari upaya pemerintah yang terus mendorong dan membangkitkan gairah UKM yang dilakoni masyarakat secara perorangan.

Menurut Kepala Seksi UKM, Ratna Adhrani, UKM yang ada saat ini terdiri dari 14.837 Usaha Mikro Kecil (UMK) dan 219 Usaha Mikro Besar (UMB). Semua pelaku usaha itu katanya terus didorong untuk mengembangkan usaha masing-masing melalui pemberian bantuan dari pemerintah. “Pelaku UKM kita beri ijin usaha gratis yang bisa menjadi anggunan di bank untuk mendapatkan pinjaman modal. Semuanya kita dorong agar terus berkembang,” katanya.
Kepala Disdagkop dan UKM, Herman Aray, mengakui Pemkot terus mendorong pengembangan UKM di daerah. “Tahun ini ada 750 pelaku UKM yang mendapatkan ijin gratis. Total keseluruhan sudah 3.402 pelaku usaha yang diberikan ijin secara gratis,” ungkapnya.
Lanjutnya, setelah diberikan ijin pihaknya melakukan pengawalan hingga pada pengembangan jenis usaha. “Sekarang ijin yang kita berikan itu sudah digunakan, dan usaha yang dijalankan terus berkembang,” ujarnya.
Disisi lain, ia mengingatkan semua pelaku UKM untuk terus meningkatkan kualitas produk usahanya masing-masing, agar bisa bersaing dengan produk lainnya. “Usaha yang dijalankan harus dikelola dengan baik agar bisa berkembang dan memberi dampak terhadap perekonomian,” imbaunya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here