Gandeng BPKP Sulut, BPKPD Boltim Bekali ASN Diklat ASB dan SSH

0
43
Gandeng BPKP Sulut, BPKPD Boltim Bekali ASN Diklat ASB dan SSH Advertorial Boltim
Bupati Sehan Landjar saat memberi sambutan.

Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) membekali 77 peserta lintas intansi di Kabupaten Bolmong Timur (Boltim), lewat Diklat Penyusunan Analisis Standar Belanja (ASB) dan Standar Satuan Harga (SSH), Senin (20/05/2019).

Diklat tersebut dibuka langsung Bupati Sehan Landjar, dan bertempat di Meeting Room, Hotel Sintesa Peninsula Manado. Dalam acara itu, turut dihadiri Sekretaris Daerah Boltim, Muhammad Assagaf, Sofyan Antonius selaku Kepala Perwakilan BPKP Sulut, serta Asisten Bidang Administrasi Umum, Djainudin Mokoginta.

Gandeng BPKP Sulut, BPKPD Boltim Bekali ASN Diklat ASB dan SSH Advertorial Boltim
Suasana kegiatan

Dalam sambutanya, Bupati menyatakan, ASB sendiri merupakan pedoman yang digunakan untuk menganalisis kewajaran beban kerja atau biaya setiap program atau kegiatan, yang akan dilaksanakan oleh SKPD dalam satu tahun anggaran.

Bupati menjelaskan, penilaian kewajaran pembebanan belanja yang dirangkum dalam ASB sendiri mencakup dua hal, yaitu kewajaran beban kerja dan kewajaran biaya. “Beberapa manfaat yang diperoleh dari analisis penyusunan standar yang handal seperti, penetapan platform anggaran pada saat PPAS, cukup menentukan kewajaran biaya dalam melaksanakan kegiatan. Tujuannya, meminimalisir terjadinya pengeluaran yang kurang jelas, dan lain sebagainya,” ujar Bupati.

Gandeng BPKP Sulut, BPKPD Boltim Bekali ASN Diklat ASB dan SSH Advertorial Boltim
Suasana kegiatan

Sementara itu, Kepala BPKPD Boltim, Oskar Manoppo melalui Sekretaris BPKPD, Syukur Monoarfa, mengungkapkan, bahwa diklat tersebut bertujuan mendorong daya handal ASN terkait sistem pengendalian intern. “Diklat ini adalah tindak lanjut dari penerapan simda perencanaan lewat system e-budgeting perencaan elektronik,” tuturnya.

Gandeng BPKP Sulut, BPKPD Boltim Bekali ASN Diklat ASB dan SSH Advertorial Boltim
Bupati Sehan Landjar (ke-empat dari kanan) foto bersama dengan sejumlah pejabat yang hadir pada kegiatan itu.

Dengan demikian, lewat diklat kali ini, lanjut Monoarfa, para peserta memahami seluk beluk perencanaan berdasarkan system e-budgeting secara menyeluruh. “Ini adalah langkah dalam mendorong terciptanya iklim kendali untuk efisiensi, efektifitas dan produktifitas dari penggunaan sumber daya yang ada,” ujarnya.

Diketahui, diklat tersebut digelar selama empat hari, terhitung 20 sampai 23 Mei mendatang. Para peserta yang terdiri dari kasubag program SKPD, Kecamatan serta Puskesmas itu, nantinya akan disuguhi sejumlah materi yang dibawakan oleh Tim BPKP Sulut. (Advetorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here