Gandeng Diskominfo, Kantan Ajak Masyarakat Tak Gunakan Calo Urus Sertifikat Tanah

0
107
Gandeng Diskominfo, Kantan Ajak Masyarakat Tak Gunakan Calo Urus Sertifikat Tanah Boltim Headline
Kepala Dinas Kominfo Boltim, Khaeruddin Mamonto memberikan sambutan pada kegiatan jumpa pers yang digelar Kantor Pertanahan Boltim.

ZONA BOLTIM – Dalam rangka mewujudkan pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Kantor Pertanahan (Kantan) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menggelar jumpa pers, di Caffe Strawberry, Desa Mooat, Rabu (15/9).

Kepala Kantor BPN Boltim, Yandri D.R. Rori, S,SiT, M.Si mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan tersebut untuk mengajak masyarakat yang ingin mengurus sertifikat tanah atau butuh pelayanan pertanahan agar bisa datang secara mandiri di kantor.

“Tentunya ini untuk menghindari pihak ke tiga (Calo) yang mengambil keuntungan dalam pengurusan sertifikat dan pelayanan lainnya. Maka dari itu alangkah baiknya untuk datang sendiri jika ingin mengurus sertifikat atau butuh pelayanan pertanahan lainnya,” ajaknya.

Ia mengatakan, pihaknya berusaha untuk melakukan pelayanan yang terpercaya dan profesional untuk masyarakat yang akan mendaftarkan bidang tanahnya untuk disertifikatkan.

“Keuntungan untuk datang secara mandiri dalam mengurus sertifikat tanah dan lainnya agar supaya kita bisa membantu sesuai ketentuan, dan masyarakat juga dapat merasakan percepatan pengurusan sertifikat atau pelayanan pertanahan lainya,” ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini pelayanan BPN Boltim sudah secara digital agar masyarakat bisa dengan mudah mengecek proses pelayanannya secara online melalui aplikasi Sentuh Tanahku lewat perangkat android.

“Jika masyarakat mendaftarkan bidang tanahnya, kita langsung input pendaftarannya, secara otomatis waktunya juga sudah berjalan dalam aplikasi. Agar mereka bisa mengecek proses pengurusan berkasnya sudah valid atau belum, bahkan dalam aplikasi itu mereka juga bisa tahu proses pemberkasannya sudah sampai ke tahap apa,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Boltim, Khaeruddin Mamonto mengatakan, melalui kegiatan ini pihak Pertanahan Boltim telah menyampaikan secara terbuka untuk tahapan dan segala bentuk prosedur serta terkait pembiayaan untuk mengurus sertifikat atau pelayanan pertanahan lainnya.

“Tentunya tujuan dari kegiatan ini, agar media dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang pelayanan publik Kantor pertanahan Boltim, dan masyarakat tahu Kantor Pertanahan Boltim bagaimana melakukan pelayanan secara terbuka dan terpercaya dalam rangka terwujudnya zona integritas yakni Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),” pungkasnya. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here