Gedung Mesin Pengering Padi Segera Rampung

0
122
Gedung Mesin Pengering Padi Segera Rampung Kotamobagu
Bangunan gedung mesin pengering padi yang sedang dalam perampungan.

ZONA KOTAMOBAGU – Kota Kotamobagu segera memiliki gedung mesin pengering padi. Saat ini, gedung yang dibangun dengan anggaran Rp1,2 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu sedang dalam pengerjaan. Progres pembangunannya sudah mencapai 80 persen.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Perkebunan Dinas Pertanian, Ramjan Mokoginta, mengatakan gedung mesin pengering padi itu berada wilayah Kecamatan Kotamobagu Selatan. Alasan dipilihnya wilayah itu karena memiliki areal persawahan yang besar dibandingkan wilayah kecamatan lainnya. “Pembangunannya ditargetkan selesai bulan ini,” katanya, kemarin.

Ia menjelaskan, mesin pengering padi itu berkapasitas besar dan mampu mengeringkan padi hingga 10 ton. Adapun pengguna mesin tersebut katanya adalah petani baik kelompok maupun perorangan. “Dengan adanya mesin pengering ini, maka petani tak perlu kuatir padi akan rusak, terutama di musim hujan. Nantinya jika ada padi yang basah bisa dikeringkan lewat mesin itu. Ini tentu akan sangat membantu petani kita,” jelasnya.

Ditambahkannya, gedung mesin pengering padi itu merupakan usulan dari kelompok tani monogit yang ada di Desa Tabang. “Pengelola gedung adalah kelompok tani monogit,” tambahnya. (ads/trz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here