Gelar Forum SKPD, Ashari: Masyarakat Ikut Berpartisipasi dalam Pembangunan

0
164

Gelar Forum SKPD, Ashari: Masyarakat Ikut Berpartisipasi dalam Pembangunan Bolmong

ZONA BOLMONG — Pemerintah Kabupaten Bolmong mengelar Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di ruang rapat asisten III Sekretariat Daerah Bolmong, Kamis (16/03). Kegiatan itu digiatkan untuk membahas proses percepatan pembangunan infrastruktur dan ekonomi, demi kesejahteraan rakyat.

Dalam sambutannya Pj Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung yang dibacakan Sekda Bolmong Ashari Sugeha dijelaskan, forum SKPD merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan. Hal itu sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang (UU) Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

“Proses ini merupakan penyelenggaraan pembangunan yang dilaksanakan secara bersama-sama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat. Dan dalam hal ini, masyarakat merupakan mitra kerja pemerintah dalam setiap tahapan proses pembangunan,” ujar Ashari.

Dijelaskan, pelaksanaannya Forum SKPD sampai pada tahap evaluasi. Hal Itu menandakan bahwa masyarakat tidak lagi dijadikan hanya sebagai objek pembangunan, akan tetapi diikutsertakan dalam proses penentuan arah dan kebijakan.

“Ini merupakan wadah penampungan serta penjaringan aspirasi masyarakat maupun para pemangku kepentingan demi penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan rencana kerja perangkat daerah,” jelasnya.

Untuk penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan RKPD, tambah Ashari, merupakan wahana antarpihak-pihak. Pihak dimaksud baik yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan setiap perangkat daerah.

“Sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah ini, sedapat mungkin menjamin pemanfaatan seluruh sumber daya yang ada untuk kesejahteraan masyarakat,” tutupnya (gung/ldy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here