Gelar Sosialisasi E-Government, Posumah: Kebutuhan Masyarakat Merupakan Prioritas Pelayanan

0
281
Gelar Sosialisasi E-Government, Posumah: Kebutuhan Masyarakat Merupakan Prioritas Pelayanan Bolmut
Suasana Sosialisasi E-Government

ZONA BOLMUT – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Utara bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Pariwisata dan Kominfo Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Sosialisasi Implementasi E- Government, bertempat di Hotel Keakar Boroko, Kamis (22/10).

Kegiatan yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut Drs. Reky Posumah M.Si siang itu menghadirkan narasumber, Kepala Pusat Data dan Informasi Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, Ir. Adjrun Rahmat, M.Eng.

Sekretaris Dinas Perhubungan dan Kominfo Provinsi Sulawesi Utara John Rembet, SH. M.Si dalam laporannya menyampaikan, kegiatan itu merupakan penyeragaman perencanaan pengembangan aplikasi kepemerintahan daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota di seluruh wilayah Sulawesi Utara.

“Ini bertujuan membantu meningkatkan kinerja dan efisiensi kerja dan merupakan salah satu strategi dalam melaksanakan pengembangan E-Government secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur,” kata Rembet.

“Tujuannya agar masyarakat dengan mudah memperoleh akses informasi dan layanan pemerintah serta ikut berpartisipasi dalam pengembangan demokrasi melalui penggunaan media internet,” tambahnya.

Sementara itu, Sekda Posumah dalam kesempatanya membacaan sambutan Bupati Bolmut mengatakan, kegiatan ini dapat melahirkan berbagai ide dan pemikiran-pemikiran strategis dalam upaya memantapkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi bagi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

“E-Government sebagai sebuah inovasi dalam bidang kepemerintahan yang dapat memanfaatkan peluang dari teknologi informasi dan komunikasi. Kelak masyarakat memiliki alternatif dalam mengakses pelayanan publik secara modern dengan memperhatikan sistemnya, yakni kebutuhan masyarakat menjadi prioritas dalam pelayanan,” katanya.

Lanjutnya, nantinya aparatur pemerintah tidak lagi memposisikan sebagai pihak yang dominan tetapi memposisikan sebagai penyedia layanan bagi masyarakat. Serta, ketersediaan Sumber daya aparatur di bidang teknologi sehingga menimbulkan citra yang positif dari masyarakat.

“Oleh karena itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pemahaman kepada aparatur pemerintah tentang manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan tekhnologi informasi, baik dari segi politik, ekonomi, produktifitas kerja pegawai juga di mata msyarakat,” jelas Posumah.

Hadir pada kegiatan tersebut Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Bolmut, para pimpinan SKPD dan para pemerhati IT/Akademisi Universitas Sam Ratulangi. Sementara para peserta dating dari utusan SKPD lingkup Pemkab Bolmut serta Instansi Pengelolah Data Elektronik, Staf Operator Komputer se- kabupaten/kota Provinsi Sulawesi Utara.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here