Gula Semut Moyag Tembus Pulau Bali

0
11
Gula Semut Moyag Tembus Pulau Bali Kotamobagu
Produk gula semut Tampoan Jaya yang siap dipasarkan.

ZONA KOTAMOBAGU – Desa Moyag dikenal sebagai penghasil gula semut di Kota Kotamobagu. Jenis gula berbahan dasar air nira itu diproduksi masyarakat setempat dan menjadi salah satu penopang ekonomi masyarakat setempat.

Made Mangku, salah satu pemilik usaha gula semut di Desa Moyag mengaku produk gula tersebut sudah dipasarkan di sejumlah cafe maupun tempat usaha lainnya. “Kebetulan ada saudara yang punya cafe di Bali, itu saya manfaatkan untuk memasarkan produk gula ini,” katanya.

Ia menyebut, dari pengakuan pemilik cafe yang ada di Bali itu, gula semut banyak diminati pelanggan. Bahkan wisatawan asing yang berkunjung ke cafe itu lebih memilih gula semut sebagai bahan pemanis kopi atau teh dibandingkan gula putih. “Banyak peminatnya. Ini peluang yang harus kita manfaatkan,” sebutnya.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM), Herman Aray, mendorong pengembangan produk unggulan daerah, karena akan sangat berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. “Daerah kita punya banyak produk unggulan yang ada di tiap desa. Seperti gula semut di Moyag. Kita dorong pengembangan potensi ini,” ujar Aray. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here