Hadiri Pelantikan Pengurus PWI Boltim, Bupati Sachrul: Jaga Kode Etik Jurnalistik

0
177
Hadiri Pelantikan Pengurus PWI Boltim, Bupati Sachrul: Jaga Kode Etik Jurnalistik Boltim Headline
Bupati Sam Sachrul Mamonto memberikan sambutan sekaligus memberi wejangan dan nasehat kepada pengurus PWI Boltim yang baru dilantik.

ZONA BOLTIM — Bupati Sam Sachrul Mamonto sekaligus Penasehat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menghadiri Pelantikan pengurus PWI Boltim periode 2021-2024, bertempat di Aula Kantor Dinas Pendidikan, Kamis (30/1).

Dalam Sambutannya, Bupati Sam Sachrul Mamonto, menyampaikan selamat atas terselenggaranya pelantikan pengurus PWI Boltim periode 2021-2024. “Banyak selamat kepada adik-adik saya yang hari ini dilantik sebagai pengurus organisasi wartawan tertua di negeri ini,” ucap bupati.

Selaku penasehat PWI, bupati menasehati para wartawan agar bisa menjalankan tugas kewartawanan dengan baik, dan selalu memperhatikan kode etik jurnalistik.

“Sekarang ini adalah era kebebasan pers, tapi bukan berarti sebebas-bebasnya menulis berita. Perhatikan kode etik jurnalistik. Jangan sembarang menulis. 5W1H (What, Why, Who, When, Where & How) yang menjadi unsur-unsur berita harus terpenuhi. Kemudian terkonfirmasi dengan sumber yang jelas,” ujar nya.

Sebagai bupati berlatar jurnalis, ia memahami betul seperti apa dan bagaimana kerja-kerja wartawan. Katanya, jangan ada interest maupun kepentingan pribadi yang dibalik berita yang ditulis.

“Jangan hanya karena tidak menyukai seseorang kemudian menulis berita dan menyerangnya secara pribadi. Itu tidak boleh, kalian jangan seperti itu. Jangan jadi wartawan kampungan. Kalian harus profesional,” ungkapnya.

Pers sebagai pilar ke-empat demokrasi, harus memiliki andil terhadap pembangunan daerah. “Kemajuan sebuah daerah juga tak lepas dari peran pers. Jika pemerintah salah, silahkan kritik tapi kritikan yang konstruktif. Nanti akan kami perbaiki. Jika ada kepala dinas yang salah, silahkan kritisi karena itu tugas kalian,” ujarnya. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here