Hakim Wasmat PN Kotamobagu Kembali Kunjungi Rutan

0
354
Hakim Wasmat PN Kotamobagu Kembali Kunjungi Rutan Hukum
Hakim Wasmat saat berada di halaman Rutan

ZONA HUKRIM – Hakim Pengawas dan Pengamat (Wasmat) Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu kembali melakukan kunjungan ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kotamobagu, Jumat (19/6), sekitar pukul 10.00 Wita.

Dalam kunjungan tersebut, tim hakim Wasmat yang diketuai Chrisy Angelina Leatemia SH, didampingi Hakim Erick I. Christoffel SH, Dewantoro SH MH, Friska Yustisari Maleke SH MH, serta dua orang staf PN Kotamobagu. Kedatangan mereka disambut Kepala Rutan Amri Langkamane Bc.IP Spd di ruang kerjannya.

Dalam kesempatan tersebut, Tim hakim Wasmat bertemu dengan sejumlah narapidana, melihat-lihat sejumlah ruangan serta berbagai kegiatan di Rutan tersebut.

Menurut Leatemia, kunjungan itu dilakukan sebagai tindaklanjut dari putusan pengadilan kepada para terpidana, dengan melakukan observasi untuk mengetahui apakah putusan pengadilan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Hakim Wasmat PN Kotamobagu Kembali Kunjungi Rutan Hukum
Tim Hakim Wasmat saat berada di ruang pembinaan keterampilan narapidana

“Kami juga meninjau suasana, fasilitas dan kegiatan-kegiatan yang berlangsung di dalam lingkungan Rutan ini. Terlihat para napi yang mengerjakan keterampilan seperti menjahit pakaian, memperbaiki motor dan sejumlah kerajinan lain,” kata Leatemia.

Lanjutnya, dari kunjungan tersebut pihaknya juga mendapati fasilitas toilet yang sudah rusak, begitu juga masalah kapasitas ruang tahanan yang menampung narapidana melebihi kapasitas.

“Jadi daya tampung Rutan sehariunya 182 orang, namun jumlah tahanan dan narapidana mencapai 308 orang,” sebut Leatemia.

Hakim Wasmat PN Kotamobagu Kembali Kunjungi Rutan Hukum
Tampak seorang tahanan memperlihatkan hasil kerajinannya

Ditambahkannya, didapati juga kendala keterlambatan administrasi perkara yang sudah diputus namun belum dieksekusi pihak kejaksaan ke Rutan. “Ada 21 perkara yang belum dieksekusi administrasinya,” ujar Leatemia sembari menambahkan, hasil pengawasan tersebut nantinya akan dilaporkan kepada Ketua Pengadilan Negeri.

Sementara itu, Kasubsi Pelayanan Tahana Rutan, Acip Rasidi Amd.IP saat diwawancarai zonabmr.com mengatakan, terkait masalah fasilitas toilet dikarenakan anggarannya yang minim. Namun kata dia, pihaknya sudah mengusulkan anggaran ke Kantor Wilayah (Kanwil) Sulut-Kemenkum HAM di Manado.

“Terkait eksekusi, sudah kami komunikasikan dengan pihak jaksa, tidak ada masalah. Kalau sudah terlambat saya langsung ke Kasipidumnya,” terang Rasidi.

Peliput: Zulkifli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here