Hakim Wasmat PN Kotamobagu Kembali Periksa Rutan

0
273

Hakim Wasmat PN Kotamobagu Kembali Periksa Rutan Hukum

ZONA HUKRIM – Hakim Pengawas dan Pengamat (Wasmat) Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu, Imanuel Charlo Rommel Danes, SH., melakukan kunjungan ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kotamobagu, Kamis (07/4) sekitar pukul 10.00 Wita.

Dalam kunjungan tersebut, Hakim Wasmat Imanuel Charlo Rommel Danes, SH., didampingi Panitera Muda Pidana, Wing Wiryawan Kaunang, dan dua staf PN Kotamobagu. Mereka disambut Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan, Acip Rasidi Amd.Ip.

Hakim Wasmat PN Kotamobagu Kembali Periksa Rutan Hukum

Menurut Danes, kunjungan tersebut dilakukan sebagai tindaklanjut dari putusan pengadilan kepada para terpidana, dengan melakukan observasi untuk mengetahui apakah putusan pengadilan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

“Kami meninjau suasana, fasilitas, dan kegiatan-kegiatan para tahanan dan napi di dalam Rutan Kelas IIB ini. Kami temui para Napi yang mengerjakan kerajinan tangan, dan kegiatan lainnya,” ujar Danes.

Lanjutnya, dari kunjungan tersebut didapati masalah ruang tahanan yang menampung narapidana melebihi kapasitas, “Ruangan tidak mencukupi, sesak, over kapasitas. Dalam satu kamar sudah lebih dari 10 orang,” kata Danes.

Hakim Wasmat PN Kotamobagu Kembali Periksa Rutan Hukum

Ia menjelaskan, daya tampung Rutan Kotamobagu tersebut untuk 182 orang, Sementara tercatat saat ini ada 283 tahanan dan napi, “Rutan Kelas IIB ini sudah melewati daya tampung. Hasil pengawasan akan dilaporkan ke Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubsi Pelayanan Tahana Rutan, Acip Rasidi Amd.IP mengatakan, kedatangan Hakim Wasmat tersebut sangat tepat dan pas, “Over-nya kapasitas napi dan tahanan, Kanwil Sulut Kemenkumham sudah tahu hal ini,” katanya.

Reporter: Zulkifli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here