Hasil Simulasi CAT, ada Peserta Dapat Nilai 0

0
230
Hasil Simulasi CAT, ada Peserta Dapat Nilai 0 Kotamobagu
Sahaya Mokoginta

ZONA KOTAMOBAGU – 1.099 calon pelamar CPNS telah mengikuti simulasi Computer Assissted Test (CAT) yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dari simulasi yang dilakukan itu, perolehan nilai tertinggi yang didapat peserta adalah 188. Sedangkan terendah adalah 0.

“Capaian nilai itu bukan menjadi ukuran, karena waktu dan jumlah soal yang diberikan tidak sesuai dengan tes CPNS yang sesungguhnya. Tapi paling tidak ini jadi pembelajaran dan motivasi bagi semua peserta,” kata Dedy Afandy Iman, panitia pelaksana simulasi.

Ia mengungkapkan, tujuan dilaksanakan simulasi itu adalah untuk memberi pengetahuan tentang bagamana cara mengisi soal saat ujian nanti, bukan bukan semata untuk mendapatkan nilai tertinggi. “Memang kalau dilihat nilai yang tertinggi hanya 188. Kalau nilai standarnya lebih tinggi dari itu. Tapi tidak apa-apa, yang penting peserta sudah bisa memahami apa yang harus dilakukan ketika ujian nanti. Ada juga yang mendapatkan nilai 0, padahal yang bersangkutan ikut simulasi. Mungkin tidak mengisi soal atau seperti apa, kami juga kaget ketika melihat perolehan nilai itu,” ungkapnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Sahaya Mokoginta, ada tiga kategori penilaian dalam simulasi itu, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), seperti tes CPNS pada umumnya. “Setiap kategori dinilai kemudian diakumulasi total nilainya, setelah itu dilakukan perankingan,” ungkapnya.

Setelah mengikuti simulasi itu, ia berharap calon pelamar CPNS bisa mengetahui tata cara pengisian soal lewat komputer. “Kita harap ini menjadi dorongan bagi tiap calon peserta untuk terus belajar. Untuk bisa mendapatkan nilai terbaik, kuncinya hanya belajar,” ujarnya. (ads/trz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here