Hendra: Tahapan Penggantian Calon Terpilih Hingga H-3 Pelantikan

0
461
Hendra: Tahapan Penggantian Calon Terpilih Hingga H-3 Pelantikan Boltim
Suasana rapat pleno KPUD Boltim siang tadi

ZONA BOLTIM – Usai pleno penetapan calon terpilih anggota DPRD Boltim, pihak KPUD Boltim akan melayangkan surat pemberitahuan kepada setiap calon terpilih untuk persiapan administrasi kelengkapan dokumen pelantikan, dan batas waktu tahapan penggantian calon terpilih hingga tiga hari sebelum pelantikan. Begitu dikatakan Ketua KPUD Boltim Hendra Damopolii, Senin (12/5) sore tadi.

Hendra menjelaskan, ada empat hal yang membuat calon terpilih itu diganti, yakni mengundurkan diri, meninggal dunia, tidak lagi memenuhi syarat anggota DPRD, dan terlibat pidana Pemilu, “Hal itu sebagaimana diatur dalam PKPU nomor 29 tahun 2013,” katanya.

Saat disinggung terkait jika ada calon terpilih yang berstatus terpidana. Hendra mengatakan, bahwa calon tersebut gugur karena tidak memenuhi syarat sebagai anggota DPRD, sebagaimana diatur dalam PKPU tersebut, “Ketentuannya mengatur tentang putusan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap dengan ancaman pidananya lima tahun atau lebih,” jelas Hendra.

Lebih lanjut dikatakannya, setelah penetapan calon terpilih hari ini, kalaupun dari partai politik ada rekomendasi pengunduran diri atau pemberhentian calon terpilih setelah penetapan ini, maka pihaknya akan melakukan verifikasi faktual terkait keabsahan surat pengunduran diri atau pemberhentian dari partai politik tersebut.

“Namun untuk calon yang masuk gugur syarat atas putusan kasus pidana yang memiliki kekuatan hukum tetap, kami cukup melakukan kajian atas putusan pengadilan. Kemudian ditetapkan lewat keputusan KPU, hal itu juga berarti keputusan hari ini terkait penetapan calon terpilih tersebut gugur demi hukum,” kata Hendra,

Hendra lanjut menjelaskan, bahwa pihaknya bersifat proaktif dengan telah mengirimkan surat kepada pihak pengadilan untuk meminta salinan jika ada calon-calon yang diputus pidana. “Kami tingggal menunggu surat balasan dari pihak pengadilan,” tandasnya.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here