Hentikan Edisi Cetak, Majalah Penthouse Siapkan Edisi Digital

0
134

Hentikan Edisi Cetak, Majalah Penthouse Siapkan Edisi Digital Hiburan

ZONA HIBURAN – Majalah Penthouse yang sudah beredar sejak 1969 akhirnya menyusul jejak Playboy dan FHM. Majalah pria dewasa tersebut menghentikan edisi cetak agar tetap mampu bersaing di era kekinian. Perusahaan penerbit majalah ini, FriendFinder Networks menyebut Penthouse hanya akan muncul dalam edisi digital.

Dikutip dari CNN Indonesia, FriendFinder Networks mengambil langkah radikal ini demi menjaga agar Penthouse tetap kompetitif di masa yang akan datang. Mengenai edisi digital majalah ini, “Penthouse akan menata kembali konsumsi konten yang disukai konsumen saat ini, dengan menggabungkan dan mengkonversi hal-hal yang dikenal dan disukai pembaca dan mengikuti selera mereka terkait pengalaman membaca majalah secara digital.”

Penthouse sendiri awalnya didirikan oleh Bob Guccione yang pada awalnya berisikan konten artikel gaya hidup urban dan foto-foto pornografik yang ‘softcore’. Namun pada 1990-an, foto-foto tersebut lebih vulgar lagi. Belakangan Penthouse kembali ke foto-foto yang tidak ‘hardcore’ lagi pada 2005.

Tahun 2002 lalu, penghasilan kotor Penthouse ditaksir mencapai 3,5 hinga 5 miliar dolar AS dalam 30 tahun perjalanan majalah ini. Namun pada akhirnya, memasuki era digital, edi cetak majalah ini tidak bisa bertahan lebih lebih jauh. Sebelumnya, perusahaan FriendFinder Networks yang memiliki Penthouse sudah mengajukan perlindungan kebangkrutan pada tahun 2013.

Penthouse tidak bisa tidak mengikuti jejak Playboy yang mulai Maret 2016 ini juga melakukan revolusi besar-besaran. Playboy menghentikan foto-foto telanjang sepenuhnya demi upaya meremajakan majalah ini. FHM juga sudah tidak mengeluarkan edisi cetak.

Kasus tutupnya edisi cetak majalah-majalah terkemuka, tidak hanya berlaku untuk majalah pria dewasa, tetapi majalah secara keseluruhan, seiring dengan mudahnya para pembaca mengakses internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here