Iduladha 1437 Hijriah, DP4K Latih Pemilihan Hewan Kurban

0
245
Iduladha 1437 Hijriah, DP4K Latih Pemilihan Hewan Kurban Kotamobagu
Hardi Mokodompit

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Pertanian Perikanan Peternakan Perkebunan Kehutanan dan Ketahanan Pangan (DP4K-KP) Kotamobagu menggelar pelatihan tentang pengamatan hewan kurban yang sehat. Kegiatan tersebut digelar di balai Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, , Kamis (01/09) hari ini.

Kepala DP4K Pemkot, Ir Hardi Mokodompit mengaku pihaknya telah bersiap untuk melancarkan proses ibadah Idul Adha 1437 Hijriah yang jatuh pada tanggal 12 September mendatang.

“Sebelumnya juga kita melakukan kegiatan sosialisasi terkait pemilihan dan cara sederhana melihat kesehatan hewan kurban. Guna menambah pengetahuan soal kesehatan hewan, kita lakukan pelatihan  dengan melibatkan petugas atau dokter hewan dari provinsi,” ungkap Hardi, Rabu (31/8) kemarin.

Tambahkan, pelatihan ini akan melibatkan seluruh desa dan kelurahan yang nantinya akan menggelar penyembelihan hewan kurban di masing-masing desa dan kelurahan.

“Ini sangat penting, agar daging hewan kurban yang akan dikonsumsi tidak terdapat penyakit,” tambah Hardi.

Sementara itu, penjualan hewan kurban mulai ramai bermunculan di Kota Kotamobagu. Di beberapa lokasi penjualan hewan kurban, seperti kambing dengan berbagai ukuran mudah untuk dijumpai.

Di Jalan Adampe Dolot, Kelurahan Mogolaing dan Pasar Serasi Kotamobagu, Kecamatan Kotamobagu Barat, tampak para pedagang hewan kurban ramai membuka lapak.

Salah satu penjual hewan kurban kambing, Ridwan Lihawa mengaku saat ini pembelian hewan kurban masih sepi. Kebanyakan pembeli yang datang hanya sebatas mengecek harga saja.  Itu disebabkan karena calon pembeli masih berfikir untuk memberi pakan ternak hewan kurban. Mengingat, pelaksanaan lebaran Idul Adha masih dua pekan lagi.

“Untuk saat ini pembeli masih sepi, dipastikan akan ramai di H-2,” kata Ridwan.

Untuk diketahui, hewan kurban yang dijual di tempat ini berasal dari luar Kotamobagu. Untuk harga kambing dijual dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp2,5 juta hingga Rp3,5 juta tergantung dari ukuran kambing.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here