Ini Provinsi-provinsi yang Rawan Politik Uang Versi Bawaslu

Jakarta – Ketua Bawaslu RI Abhan menjabarkan provinsi-provinsi yang rawan politik uang. Pemetaan itu disebutnya didasari temuan dan laporan yang diterima Bawaslu pada momen-momen pilkada, pileg dan pilpres sebelumnya.

“Politik uang merupakan kerawanan yang terjadi di banyak daerah pada pilkada sebelumnya dan juga pada pemilu legislatif dan Pilpres 2014. Seperti sembako hingga pembangunan sarana publik merupakan contoh kasus maraknya pelanggaran pemilu terkait politik uang,” jelas Abhan.

Hal itu disampaikan Abhan dalam acara ‘Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi SARA untuk Pilkada 2018 Berintegritas’ di Hotel Royal Kuningan, Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2018).

Abhan mengatakan ada 7 provinsi dengan indeks kerawanan politik uang yang tinggi, yaitu Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Selatan (Sumsel), Lampung, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Barat (Kalbar), Sulawesi Utara (Sulut) dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Hasil indeks kerawanan pemilu oleh Bawaslu, menunjukan pelaporan atau peristiwa praktek politik uang di daerah, rawan di tujuh daerah provinsi yang melaksanakan pilkada. Ada Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, NTB, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan,” ungkap Abhan.

Selanjutnya Abhan mengungkapkan ada delapan provinsi yang praktik politik uangnya menggunakan modus pembangunan sarana publik.

“Penggunaan sarana berdasarkan hasil pemetaan, ada delapan provinsi, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Maluku, Maluku Utara dan Papua yang termasuk daerah dengan tingkat kerawanan tinggi,” ucap Abhan.

Abhan menegaskan politik uang adalah musuh bersama karena membawa dampak pemerintahan yang koruptif. “Politik uang menjadi musuh kita bersama karena praktik ini akan menciptakan potensi tindakan korupsi dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah,” tutur dia. (aud/gbr)

Sumber: Detik.com

You might also like

Suprijanta Mengaku Siap Dampingi Poluan di Pilwako Manado

ZONA POLITIK – Sejumlah partai pilitik mulai memublikasikan calonnya untuk bertarung pada Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Manado nanti. Salah satunya nama Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Hanura Kota Kotamobagu, Agus

Yusra Optimi Y2 Lolos Penetapan Calon

ZONA BOLMONG – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Yasti Mokoagow–Yanny Ronny Tuuk (Y2) diyakini lolos dalam penetapan paslon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolmong. Begitu diungkapkan Koordinator Media

Pilkada Bolmong: Nomor 1 Kans DB 1 D

ZONA BOLMONG – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Yasti Soepredjo Mokoagow–Yanny Ronny Tuuk, akhirnya mengantongi nomor urut dalam Pilkada Bolmong 2017.  Pasangan dengan Jargon Bolmong Hebat ini, mengantongi nomor urut

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply