Inspektorat Bolmut Optimis TGR Rp2 M Selesai Tahun Ini

0
424
Inspektorat Bolmut Optimis TGR Rp2 M Selesai Tahun Ini Bolmut
Sulha Mokodompis

ZONA BOLMUT – Kepala Inspektorat Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) Sulha Mokodompis, sangat optimis tuntutan ganti rugi (TGR) sesuai temuan BPK RI dapat dituntaskan hingga akhir tahun 2016 ini. Sebagaimana temuan BPK atas kerugian daerah pada pihak ke tiga mencapai Rp2 Miliar.

“Target saya hingga akhir tahun ini adalah menuntaskan TGR khusus untuk temuan BPK pada pengelolaan anggaran tahun 2015. Totalnya mencapai Rp2 miliar khusus untuk pihak ke tiga,” kata Sulha, kemarin.

Disampaikannya, dari jumlah tersebut ada dana sebesar Rp400 juta yang sudah dikembalikan ke kas daerah, dan masih akan menyusul lagi sekitar Rp 500 juta.

“Kemungkinan TGR yang akan diberikan pihak ke tiga akan ketambahan 500 juta lagi. Jadi, total yang hampir pasti masuk ke kas daerah mencapai Rp 1 miliar. Sebab, ada juga TGR khusus pengembalian lampu hias jalan sebesar Rp40 juta yang sudah dikembalikan dari total Rp94 juta,” tuturnya.

Untuk mempercepat pengembalian TGR, tambah Sulha, pemerintah daerah bergerak cepat dengan mengingatkan pihak ke tiga agar segera menyetor ke kas daerah setelah memiliki dana.

“Jadi, inspektorat selalu berkoordinasi dengan dinas keuangan. Jika ada pihak ke tiga yang memiliki temuan sedang mencairkan anggaran proyek, maka langsung diingatkan untuk segera mengembalikan temuan tahun sebelumnya. Dan mereka menyanggupinya, sehingga hasilnya cukup memuaskan,” tegasnya.(kb/ldy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here