Inspektorat Pelototi Penggunaan Dandes dan ADD

Inspektorat Pelototi Penggunaan Dandes dan ADD Kotamobagu
Syair Lentang

ZONA KOTAMOBAGU – Tim tim auditor Inspektorat akan diturunkan untuk mengaudit administrasi hingga realisasi pekerjaan yang biayai dana desa (Dandes) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2017.

Menurut Kepala Inspektorat, Syair Lentang, 18 orang auditor inspektorat akan dibagi dalam tiga tim dan turun ke tiap desa.

“Setiap tim akan turun di lima desa. Insya allah pekan depan (pekan ini, red) mereka akan turun,” katanya, pekan lalu.

Dalam proses audit nanti, tim auditor akan memelototi administrasi hingga realisasi pekerjaan di lapangan.

“Kalau ada indikasi temuan kita akan meminta klarifikasi, kemudian disimpulkan apakah itu jadi temuan atau tidak. Jadi tidak serta-merta ketika ada dugaan kejanggalan atau indikasi kemudian langsung ditetapkan jadi temuan,” katanya.

Lanjutnya, setelah ada temuan, pihaknya masih memberi waktu 60 hari untuk menindaklanjutinya.

“Kalau sudah lewat dari waktu yang ditentukan itu (60 hari) dan belum juga selesai, baru itu akan ditindaklanjuti lebih lanjut,” ujarnya.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) selalu mewanti-wanti para pengelola dandes maupun ADD untuk memperhatikan administrasi serta realisasi pekerjaan di lapangan. Hal itu penting guna mengantisipasi temuan saat pemeriksaan nanti.

“Kita sudah ingatkan, kalau ada yang kurang dipahami, silahkan datang berkoordinasi dengan kami (DPMD) atau Inspektorat. Jangan merasa sudah tahu kemudian saat pemeriksaan nanti menjadi temuan,” kata Sekretaris DPMD, Hamdan Monigi, beberapa waktu lalu.

Ia mengakui, ada peningkatan kualitas pelaporan keuangan oleh sangadi setiap tahunnya. “Sudah ada peningkatan. Datri tahun ke tahun pelaporannya terus membaik,” tambahnya. (ads/gito)

Leave a Response