Instruksi Menteri Turunkan Tarif, Adati: Kotamobagu Tak Miliki Angkot

0
200

Instruksi Menteri Turunkan Tarif, Adati: Kotamobagu Tak Miliki Angkot Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Kementrian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan surat edaran nomor SE 15 Tahun 2016, tentang Penyesuaian Tarif Angkutan Umum Kelas Ekonomi tertanggal 1 April 2016. Edaran tersebut menyusul turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar awal April lalu. Dalam edaran tersebut, penyesuaian akan diberlakukan mulai Kamis 7 April 2016 mendatang.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dalam surat edarannya meminta kepada seluruh gubernur, bupati, dan wali kota untuk segera melakukan penyesuaian tarif sesuai dengan kewenangannya; yaitu untuk melakukan penyesuaian tarif pada angkutan penumpang antarkota dalam provinsi kelas ekonomi, angkutan perkotaan dan angkutan pedesaan serta angkutan penyeberangan lintas antar-kabupaten/kota dalam provinsi dan lintas dalam kabupaten/kota.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kebudayaan Pasriwisata Komunikasi dan Informasi Kota Kotamobagu, Agung Adati mengatakan, untuk melakukan penyesuaian tarif angkutan kota itu adalah kewenangan Wali Kota, “Tetapi, saat ini khususnya di wilayah Kotamobagu tidak memiliki angkutan kota (Angkot),” kata Adati.

Baca Juga: Tak Memenuhi Syarat, Dishub Tak Layani Uji KIR Bentor

Wilayah Kota Kotamobagu, tambah Adati, hanya ada angkutan antar-kabupaten/kota, serta angkutan antar-provinsi. Dan untuk penyesuaian tarif tersebut, juga bukan menjadi kewenagan Pemerintah Kota Kotamobagu.

“Penyesuaian tarif angkutan kabupaten/kota adalah kewenangan pemerintah provinsi, yang disesuai dengan SK Gubernur. Untuk angkutan antar-provinsi itu sesuai dengan SK dari menteri,” terang Adati.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here