Izin Usaha Pertambangan PT BPR Terancam Dicabut

0
422
Izin Usaha Pertambangan PT BPR Terancam Dicabut Boltim
Kadis ESDM Ir jamaludin

ZONA BOLTIM – Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengaku telah beberapa kali memberikan surat teguran kepada PT Boltim Primanusa Resources (BPR), yang berlokasi diwilayah gunung garini. Kepala dinas ESDM Boltim Ir jamaludin, kepada sejumlah wartawan, senin (10/11), siang tadi mengatakan pemerintah kabupaten (Pemkab) Boltim, tidak pernah melakukan pembiaran terhadap apa yang sudah dilakukan pihak perusahaan tersebut.

“Buktinya kami (ESDM) sudah tujuh kali melayangkan surat teguran terhadap PT BPR, untuk menghentikan¬†kegiatan eksploitasi di lokasi gunung garini, karena izin yang dikantongi perusahaan saat ini hanya izin eksplorasi,” ungkap Jamaludin.

Lanjut Jamaludin, pihaknya akan mengambil tindakan tegas apa bila pihak perusahaan tersebut terus menerus melakukan pelanggaran. “Dalam waktu dekat ini tim gabungan dari pemkab boltim dan DPRD akan turun langsung meninjau aktifitas perusahaan di lokasi garini, jika terbukti masih melakukan kegiatan eksploitasi maka akan langsung diberikan surat teguran terakhir, dan jika itu tidak diindahkan maka pemkab Boltim akan mencabut Ijin Usaha Pertambangan (IUP) Eksplorasi PT BPR,” tegasnya.

Sebelumnya, pihak PT BPR saat menghadiri undangan hearing dari pihak DPRD Boltim beberapa waktu lalu mengungkapkan, masih menunggu surat resmi dari Pemkab Boltim terkait penghentian sementara aktifitas pertambangan.

“Untuk penghentian aktifitas penambangan harus ada prosesnya, yakni pemberitahuan resmi, karena sampai saat ini kami (PT BPR) masih menunggu surat resmi dari Pemkab,” ungkap Humas PT BPR Rivo Sandehang dihadapan para anggota DPRD dan Pemkab Boltim.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here