Jadi Artis Kenapa Harus ke Ibu Kota?

0
371
Jadi Artis Kenapa Harus ke Ibu Kota?  Zoner
Revly

MIRIS, begitulah kira-kira potret musisi daerah yang mencoba peruntungan ke Jakarta. Harus berjuang dengan kerasnya hidup, mulai dari ketiadaan fasilitas bermusik yang murah dan dengan peralatan yang memuaskan, mahalnya biaya hidup hingga harus bersaing dengan musisi-musisi lainnya.

Terkadang, kondisi tersebut juga menjadi faktor pemicu ketidakharmonisan dan perbedaan visi diantara sesama teman seperjuangan satu band, hingga tak jarang banyak diantaranya terpaksa harus hidup luntang-lantang mencari sedikit kesempatan meski dinayangi dilema ketidakpastian untuk bisa sukses.

Diawal tahun 2012 lalu sewaktu saya mencoba peruntungan di Jakarta, dapat dirasakan dengan nyata kerasnya persaingan di industri musik ibukota. Beruntung beberapa kawan seperjuangan yang memiliki latar belakang finansial yang kuat untuk membiayai promosi dan produksi disana, itu pun belum menjadi jaminan mampu berhasil bersaing di dunia musik mainstream indonesia yang memang pakem dan paternnya sudah diatur oleh label-label besar ibukota.

Tidak sedikit musisi idealis yang tersisi oleh sejumlah band dengan materi dan kualitas musik asal jadi, hingga banyak yang memilih jalur independen alias indie dengan memproduksi dan membiayai band mereka sendiri termasuk distribusi.

Sebenarnya tak perlu jauh jauh ke ibukota untuk mewujudkan mimpi kita musisi daerah, andai saja ada yang jeli dan mampu melihat peluang yang ada serta menginvestasikan uang mereka membangun sarana dan fasilitas berupa studio rekaman yang mumpuni di daerah, dengan sumber daya manusia yang saya rasa mampu bersaing dengan teknisi atau operator studio rekaman ibukota.

Produksi distribusi dapat dilakukan sendiri tanpa harus titip edar ke label-label besar, toh intinya dari segala karya-karya kita, dapat didengar dan dikenal orang banyak.

Always support your local musician.

Penulis: Revly TheFans (Epi’ Aceng) – Manado

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here