Jalan di Kotamobagu Bakal Gunakan Nama Pahlawan Bolmong

0
353

Jalan di Kotamobagu Bakal Gunakan Nama Pahlawan Bolmong Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu tengah melakukan telaah atas pemberian nama jalan dengan menggunakan nama para tokoh dan pahlawan di Bolmong. Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Kotamobagu, Drs Hi Jainudin Damopolii, saat bersua zonabmr.com, Jumat (22/04) pagi tadi.

Dikatakannya, sejumlah SKPD telah dipangil untuk melakukan telaan tersebut, “Dinas Tata Kota sudah dipanggil. Jadi, kita berencana untuk menonjolkan tokoh lokal, ataupun simbol-simbol Mongondow dalam penamaan jalan. Sejauh ini kan masih ada jalan yang belum ada namanya. Ada juga jalan yang namanya kurang bernilai estetika,” ungkap Jainuddin.

Untuk pemberian nama jalan tersebut, tambah Jainuddin, akan dikonsultasikan dengan DPRD Kotamobagu. Mengingat, harus ada Peraturan Daerah (Perda) yang menjadi payung hukum, “Ini nantinya akan dibuatkan Perda. Jadi, sudah dimintakan kepada instansi-instansi terkait untuk berkonsultasi dengan DPRD, untuk buat Perda,” ujarnya.

Sejumlah nama tokoh pahlawan lokal yang akan diabadikan lewat nama jalan, misalnya AT. Mokoginta yang merupakan jendral pertama dari Bolaang Mongondow; OE. N. Mokoagow yang merupakan bupati yang berjasa bagi Kotamobagu, ”Kalau terkait simbol-simbol daerah, bisa digunakan Gunung Ambang, dan lain-lain,” ungkapnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here