Januari-Juni, 67 Investor Tanam Modal di Kotamobagu

0
41
Januari-Juni, 67 Investor Tanam Modal di Kotamobagu Kotamobagu
Noval Manoppo

ZONA KOTAMOBAGU – Kota Kotamobagu mulai dilirik para investor untuk mengembangkan investasi. Ini terlihat dari terus meningkatkan nilai investai yang masuk dari tahun ke tahun. Dari catatan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), di tahun 2017 nilai investasi mencapai Rp277 miliar, kemudian di tahun 2018 meningkat menjadi Rp386 miliar. Untuk tahun ini terhitung Januari hingga Juni, ada 67 investor baru yang datang menanamkan modal dengan nilai investasi mencapai 15,9 miliar. Angka tersebut berpotensi bertambah hingga akhir tahun.

“Itu hanya khusus usaha baru. Kalau perpanjangan lain lagi,” kata Kepala Seksi Perencanaan Penanaman Modal, Iswanto Mokodomptit.

Ia menjelaskan, investasi yang masuk rata-rata bergerak di bidang jasa dan perdagangan. Hal itu katanya sesuai dengan visi misi Pemerintah Kota yakni, Kota Kotamobagu sebagai Kota Model Jasa dan Kawasan Perdagangan di Kawasan Bolaang Mongondow Raya. “Hampir setiap hari ada yang datang mengajukan permohonan ijin usaha. Ini menandakan bahwa Kota Kotamobagu mulai jadi tempat para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis usahanya, meskipun ada yang masih berskala kecil. Untuk nilai investasi yang paling besar adalah perhotelan,” jelasnya.

Ditambahkannya, Pemkot sangat terbuka dengan investor yang datang berinvestasi di Kota Kotamobagu, dengan catatan harus menaati semua ketentuan yang berlaku. Pihaknya juga kata dia memberi kemudahan dalam pengurusan perijinan. “Kita terbuka dengan siapa saja yang datang berinvestasi, asalkan taat aturan,” tambahnya.

Kepala DPMPTSP, Noval Manoppo, mengakui kehadiran investor akan sangat berdampak terciptanya lapangan kerja. Hal itu katanya menjadi kesempatan bagi masyarakat dalam mendapatkan lapangan pekerjaan. “Kita harap kehadiran investor-investor di daerah ini bisa memberi dampak terhadap kemajuan daerah,” ungkapnya. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here