Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Naik

0
295
Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Naik Kotamobagu
PERMINTAAN BANYAK: Harga hewan kurban naik jelang Hari Raya Idul Adha. Tampak salah satu tempat penjualan hewan kurban, di Kelurahan Mogolaing.

ZONAKOTAMOBAGU – Sepekan jelang Hari Raya Idul Adha, harga hewan kurban terus naik. Untuk sapi misalnya, jika sebelumnya hanya berada diangka Rp12 juta hingga Rp15 juta per ekor, kita naik menjadi Rp17 juta hingga Rp20 juta. Demikian juga dengan kambing, per ekor sebelumnya hanya Rp2,5 juta naik menjadi Rp3,5 juta hingga Rp4 juta.

“Harganya memang naik, karena pertimbangan biaya angkutan ke Kotamobagu. Selain itu stok juga kurang. Ini (hewan kurban) kita bawa dari Gorontalo,” kata Burhan Adam, salah satu pedagang hewan.

Khusus Kambing, para pedagang di Kotamobagu memasoknya dari Gorontalo. Sebab, ketersediaan kambing di wilayah Bolmong Raya kurang seiring meningkatnya permintaan masyarakat. “Kambing-kambing ini kita pasok dari Gorontalo, karena di sini (Kotamobagu) sangat kurang sementara permintaan masyarakat cukup tinggi,” ujar Fandi, pedagang kambing.

Untuk memastikan kesehatan hewan kurban baik sapi maupun kambing, Dinas Pertanian akan turun melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di tempat-tempat penjualan. “Pemeriksaannya kita lakukan di tempat penjualan. Itu penting untuk menjamin kesehatan hewan yang akan disembelih. Kita sekarang juga sedang menunggu kiriman pisau dari provinsi yang akan dibagikan di masjid-masjid untuk penyembelihan hewan kurban saat idul adha,” ujar Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Samsul Hidayat Lasena. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here