Jelang Lebaran, Warga Minta Dispertanak Periksa Hewan Potong

0
414
Jelang Lebaran, Warga Minta Dispertanak Periksa Hewan Potong Boltim
Terjangkit, Seekor ungas mati mendadak di Desa Tombolikat beberapa waktu lalu (F: Rahman Igirisa)

ZONA BOLTIM – Jelang lebaran, sejumlah warga Bulawan, Kecamatan Kotabunan, meminta Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Boltim melakukan pemeriksaan hewan potong khususnya jenis unggas. Hal itu guna mengantisipasi keresahan warga atas potensi terjadinya jual beli hewan ternak yang sudah terjangkit Flu Burung atau  virus H5N1.

“Dispertanak harus turun ke setiap pemilik peternak atau ke pasar-pasar yang ada di boltim untuk melakukan pemeriksaan,” pinta Hanun Paputungan warga Bulawan.

Dikonfirmasi, Kepala Dispertanak Boltim Ramlah Mokodompis kepada sejumlah media membenarkan akan melakukan pemeriksaan secara higienis sejumlah jenis hewan potong seperti, sapi kambing.

“Kita akan lakukan pemeriksaan hewan di sejumlah pasar hewan, bahkan sampai ke tempat pemotongan hewan ternak,” ungkap Ramlah, Jumat (10/07)

Lanjutnya, untuk pemeriksaan hewan potong tersebut akan lakukan pihaknya mulai pekan depan, tepatnya hari Senin (13/07) hingga satu hari sebelum hari Raya.

“Ini sangat penting dilakukan demi kesehatan hewan potong terutama daging-daging hewan dimaksud. Pasalnya, daging hewan potong itu nantinya akan dikonsumsi masyarakat Boltim di Hari Raya Idul Fitri nanti. jadi kita harus pastikan kesterilannya dengan cara memeriksa hewan sedetail mungkin,” urainya.

Ia berharap, kepada warga Muslim di Boltim, agar nantinya ketika membeli daging untuk dikonsumsi maka, harus dapat membedakan mana daging yang masih higienis dan yang sudah melek (tidak steril-red).

“Saya mengimbau kepada warga nantinya ketika akan membeli daging untuk dikonsumsi pada Idul Fitri nanti, harus melihat kondisi atau kwalitas daging yang akan dibeli,” pungkasnya.

Reporter: Rahman Igirisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here