Jelang Natal, Disperindag Imbau Warga Jeli Soal Kedaluwarsa Barang

0
270
Jelang Natal, Disperindag Imbau Warga Jeli Soal Kedaluwarsa Barang Bolmong
Ir. George Tanor

ZONA BOLMONG – Jelang Natal dan Tahun Baru 2016 dipastikan tingkat konsumsi masyarakat meningkat. Warga pun diminta tetap jeli dalam membeli berbagai produk terutama soal label kedaluwarsanya. Begitu imbauan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bolmong, George Tanor.

Menurut Tanor, pengawasan terhadap barang yang diperjualbelikan di pasaran bukan hanya tugas pemerintah. Warga selaku konsumen wajib ikut mengawasinya. Lakukanlah pengawasan standar, label, klausula baku, pelayanan purna jual, dan cara menjual.

“Jika ada yang tidak sesuai, warga segera melapor ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Kami langsung menindaklanjutinya,” katanya.

Lanjut Tanor, semakin terbukanya pasar nasional dari proses globalisasi ekonomi, terus menjamin peningkatan jumlah barang dan jasa yang masuk ke daerah. Khusus untuk barang yang dikonsumsi, masa kedaluwarsa sangatlah penting untuk terus diawasi.

Masih kata Tanor, Undang-Undang Nomor  8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen sudah sangat jelas. Konsentrasinya pada ruang lingkup pengawasan barang atau jasa yang beredar di pasar.

“Sehingga jika ada barang yang dilarang beredar di pasar, barang yang tidak diatur tata niaganya dan lainnya sebagainya, laporkan. Ada sanksi yang akan diberikan,” ujarnya.

Reporter: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here