Jelang Natal, Harga Bahan Pangan di Kotamobagu Merangkak Naik

0
209

Jelang Natal, Harga Bahan Pangan di Kotamobagu Merangkak Naik Ekonomi Kotamobagu

ZONA EKONOMI – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, harga sejumlah bahan pangan di wilayah Kota Kotamobagu mulai merangkak naik. Seperti yang ada di Pasar Serasi Kotamobagu, beberapa harga bahan pokok bahkan melonjak hampir mendekati angka 50 persen.

Ika (45) salah satu warga Kota Kotamobagu, yang juga merupakan pedagang sayur di Pasar Serasi mengatakan, sekarang harga cabai merah dan cabai rawit sudah mencapai Rp 30 ribu per kg-nya.

“Harga baru ini naik drastis dibandingkan satu minggu sebelumnya. Harga sebelumya biasa hanya Rp 20 ribu/ kg,” kata Ika saat di wawancarai zonabmr,com. selasa (15/12) pagi tadi.

Sebagai pedagang, Ika mengaku kaget dengan kenaikan harga yang sangat tinggi itu. “Biasanya kan harga naik bertahap. Tapi ini naiknya langsung Rp10 ribu,” ungkapnya

Selain cabai, harga sayuran pun turut mengalami kenaikan. Seperti wortel yang saat ini harganya mencapai Rp 16 ribu per Kg dari sebelumnya yang hanya Rp 8 ribu per Kg. Begitu juga harga telur ayam, biasanya per butir dijual seharga Rp 1500, saat ini mencapai 2500 per butirnya.

‚ÄúTelur ayam per bak dijual biasanya Rp 38 ribu, saat ini mencapai Rp 50 ribu per bak,” terang Ika sembari menambahkan, mahalnya harga sayuran selain dipengaruhi akhir tahun juga karena saat ini telah mengalami musim penghujan, “akibat hujan, banyak sayuran yang cepat busuk serta rusak.”

Untuk saat ini dirinya hanya berani berbelanja sayuran dalam jumlah yang tidak banyak. Selain karena modal terbatas, ia juga takut sayurannya cepat membusuk kalau tidak terjual, “Lebih baik jualannya sedikit tapi laku semua, dari pada banyak tapi tidak terjual,” akunya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here