Jelang Pencoblosan, Ini Pola Pengamanan Polres Bolmong

0
278
Jelang Pencoblosan, Ini Pola Pengamanan Polres Bolmong Hukum
Kapolda bersalaman dengan pasukan Brimob usai apel pergeseran pasukan pengamanan Pilkada

ZONA HUKRIM – Jelang hari pencoblosan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) pada 15 Februari mendatang, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Bolmong terapkan beberapa pola pengamanan Pilkada.

Kapolres Bolmong AKBP Faisol Wahyudi SIK, melalu juru bicaranya AKP Saiful Tammu saat dikonfirmasi mengatakan, Polri akan tetap melakukan upaya preventif, prevensi dan penegakan hukum serta terus mengoptimalkan peran Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). “Upaya preventif sudah kami lakukan serta juga sudah diketahui oleh pihak penyelengara pemilu karena itu berupa kegiatan sosialisasi,” kata Tammu.

Untuk upaya prevensi dan penegakan hukum akan dilakukan pada saat tahapan pencoblosan sesuai dengan kondisi yang diperlukan. Begitu juga pengamanan di setiap TPS yang ada pihaknya akan melakukan pengaturan pengamanan khusus jika terjadi hal-hal yang tidak diingginkan.

Sedangkan untuk pengamanan wilayah yang dianggap rawan konflik, seperti di dataran Dumoga Raya dan Kecamatan Lolak, akan dilakukan penggeseran pasukan, Brimob Inuai dan Paniki serta pasukan dari Polda Sulut akan disiagakan. “Saat ini sudah ada anggota yang melakukan pengamanan, termasuk pergeseran pasukan dari Brimob Paniki dan Pasukan Huru hara Polda Sulut serta Bribop Inuai,” pungkasnya.

Diketahui, sebelumnya Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Drs. Bambang Waskito memimpin apel pergeseran pasukan Operasi Mantap Praja 2017 dalam rangka pengamanan Pilkada serentak tahun 2017, Selasa (07/02) pagi, di Mako Sat Brimob, Paniki.

Apel tersebut menandai berangkatnya 435 personel Polda Sulut dan jajaran yang di BKO (Bawah Kendali Operasi) ke beberapa Polres dan Polda lain yang daerahnya melaksanakan Pilkada serentak 15 Februari mendatang yakni, Bolaang Mongondow (Bolmong), Sangihe dan DKI Jakarta.

Perinciannya, BKO Polres Bolmong 158 personel, Polres Sangihe 177 personel dan Polda Metro Jaya 100 personel. Personel yang di BKO ke Polres Bolmong dan Sangihe merupakan perkuatan tambahan, yang sebelumnya telah diberangkatkan pasukan gabungan Sabhara dan Brimob ke dua Polres tersebut, masing-masing berkekuatan 125 personel.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here