Jelang Pileg, Wabup Boltim Minta Sangadi Netral

0
507
Jelang Pileg, Wabup Boltim Minta Sangadi Netral  Boltim Politik
Wabup Boltim, Medy Lensun

ZONA BOLTIM – Menjelang pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan calon legislatif (Caleg) periode 2014-2019, pada 9 April mendatang, para sangadi (kepala desa, red) diminta untuk bersikap netral. Begitu dikatakan wakil bupati Bolmong Timur, Medy Lensun.

Katanya, sangat menyalahi aturan, jika sangadi sebagai pembina politik didesa terlibat dalam politik praktis. “Para sangadi harus pintar menempatkan diri pada posisi netral dan tidak memihak kepada salah satu caleg,” katanya.

Lensun meminta agar semua sangadi yang ada di Boltim, baik yang berstatus Pjs ataupun definitif untuk mampu membina setiap caleg yang ada dimasing-masing desa. “Ajaklah masyarakat masing-masing untuk bersama suksekan Pileg, bukan mengajak masyarakat memilih salah satu kandidat. Harus diingat, bahwa setiap sangadi tidak boleh berpolitik praktis,” ujar Medy, sembari meminta masyarakat untuk turut serta mensukseskan Pemilu serta selalu menjaga keamanan dan ketertiban jelang Pileg ini.

Senada dikatakan pemerhati Boltim, Chandra Dondo. Menurutnya, setiap sangadi harus bersikap adil terhadap para caleg-caleg yang ada, jangan karena ada hubungan kekeluargaan dengan salah satu caleg, kemudian sangadi tersebut bersikap tidak adil. “Berilah contoh yang baik kepada masyarakat, meskipun ada keluarga yang menjadi caleg, tetapi harus tetap netral. Apalagi sampai menjatuhkan caleg-caleg lainnya,” ujar Chandra.

Chandra menambahkan, jika kedapatan ada oknum sangadi yang terlibat politik praktis, maka harus diberi sanksi tegas. “Harus ada sanksinya. Kepada Panwaslu juga harus benar-benar mengawasi jalannya semua tahapan-tahapn pemilu, termasuk mengawasi sangadi-sangadi yang terlibat politik praktis, agar pelaksanaan pesta demokrasi tahun ini bisa berjalan dengan jujur dan adil,” harapnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here