Jika Tak Diberi THR, Lapor ke Disnaker

0
433
Jika Tak Diberi THR, Lapor ke Disnaker Bolmong
ilustrasi

ZONA BOLMONG – Ratusan perusahaan yang beroperasi di Bolaang Mongondow (Bolmong) diingatkan agar menunaikan kewajiban membayar tunjangan hari raya (THR) kepada karyawannya. Begitu dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Derek Panambunan.

“THR wajib diberikan oleh perusahaan kepada karyawan. Adapun besaran THR yakni satu kali gaji pokok. Bagi karyawan yang bekerja di bawah satu tahun di atas tiga bulan, berlaku perhitungan yakni besaran gaji dibagi 12 dikalikan jumlah bulan bekerja,” kata Derek.

Ia berharap, pemberian THR kepada karyawan sudah tuntas sepekan sebelum puncak perayaan hari besar keagamaan, Idul Fitri 1435 Hijriyah. Bagi perusahaan yang tidak mengindahkannya, akan diberikan sanksi tegas sesuai undang-undang ketenagakerjaan. “Disnaker juga siap menerima aduan karyawan dalam hal penyaluran THR. Karyawan yang tidak mendapatkan hak THR, silahkan melapor langsung di Disnaker,” ujar Derek.

Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan dan Keselamatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bolmong, Pilemon Pudi, menjelaskan di Bolmong saat ini terdapat 210 perusahaan. Ratusan perusahaan itu mepekerjakan 716 karyawan. “Ratusan perusahaan itu terdiri dari skala kecil, menengah maupun besar,” kata Pilemon.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here