Jim Geovedi, Hacker Kelas Dunia Asal Indonesia

1
322
Jim Geovedi, Hacker Kelas Dunia Asal Indonesia Teknologi
jim geovedi

ZONA TEKNOLOGI – Kisah atau film tentang hacker memang selalu menarik dan seru untuk diikuti dan membuat terkagum-kagum. Dengan keahliannya, seorang hacker dapat dengan leluasa masuk ke berbagai sistem data yang telah terproteksi sangat kuat sekalipun. Bahkan, seorang hacker dengan mudahnya memindahkan isi seluruh rekening tabungan Anda menjadi 0 rupiah.

Sebagai negara yang kian berkembang, Indonesia juga memiliki beberapa hacker yang terkenal. Salah satunya adalah Jim Geovedi. Pria kelahiran Bandar Lampung 28 Juni 1979 ini dikenal sebagai hacker Indonesia yang diakui dunia. Ia kerap menjadi pembicara di pertemuan hacker internasional.

Sebagai orang yang memiliki keahlian peretasan, dengan mudahnya Jim masuk ke pusat data dan merekam percakapan, serta mengintip aktifitas Anda di dunia maya. Sudah pasti mudah baginya, mencuri data-data penting seperti laporan keuangan dan mungkin, sistem pertahanan negara.

Jim Geovedi, Hacker Kelas Dunia Asal Indonesia Teknologi
(peralatan Jim Geovedi tahun 2003 @JimGeovedi)

Keahlian Jim kerap digunakan oleh klien-klien dari perbankkan, asuransi dan lainnya untuk menguji sistem komputer perusahaan-perusahaan tersebut. Salah satu klien yang pernah menggunakan keahlian Jim adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pada tahun 2004,  Jim pernah disewa untuk membantu KPU saat data pusat penghitungan suara Pemilu diretas. Hasilnya, Jim berhasil mengungkap hacker bernama Dani Frimansyah. Untungnya, Dani hanya sekadar mengetes sistem pertahanan KPU tanpa ada maksud politis apapun.

Lantas, hal besar apa yang bisa dilakukan seorang Jim Geovedi? Dalam sebuah percakapan dengan Deutsche Welle, sebuah kantor berita TV dan Radio di Jerman, Jim mengatakan kalau saja dia mau dengan mudah ia bisa mengontrol internet di seluruh Indonesia. Lalu, Jim menantang untuk membobol situs Deutsche Welle saat itu juga.

Yang lebih hebatnya lagi, Jim dapat mengendalikan dua satelit Indonesia dan Cina milik para kliennya. Jim berhasil menggeser orbit satelit Cina dan membuat kliennya panik.

Background Pendidikan Jim Geovedi

Mungkin, Anda tak akan percaya. Jim tidak memiliki latar pendidikan formal yang membuat dia menjadi hacker terkenal. Jim hanya tamatan SMA. Awalnya, Jim hanyalah seorang seniman grafis yang menjalani kehidupan dengan keras.

Pada tahun 1999, ia bertemu seorang pendeta uanh memperkenalkannya pada komputer dan internet. Dari sini, Jim belajar secara otodidak dan menelusuri ruang obrolan para peretas ternama dunia. Sosok Jim kembali memberi bukti bahwa tanpa gelar akademik seseorang dapat sukses.

Jim Geovedi, Hacker Kelas Dunia Asal Indonesia Teknologi

Salah satu ucapan Jim yang cukup menggemparkan terkait dengan ijazah adalah “Buat yang masih pesimis bahwa 2 minggu sebuah proyek IT tidak bisa jadi apa-apa… saya sarankan untuk berhenti menggunakan internet. Percuma, tidak ada gunanya. mungkin sekalian diloakkan saja ijazah sekolahnya”.

Status tersebut dibuat pada tanggal 14 Juni 2014 di Facebook sedang happening karena  di sebuah debat capres,  Jokowi membahas proyek IT sebuah E-Government yang bisa beres dalam 2 minggu.

Aktifitas Jim Geovedi Saat Ini

Yang sangat menarik dari seorang Jim Geovedi adalah keahliannya digunakan untuk hal-hal yang positif. Dia tidak mau menggunakan keahliannya untuk kepentingan pribadi. Bahkan, dia lebih suka disebut pengamat daripada hacker.

Jim Geovedi, Hacker Kelas Dunia Asal Indonesia Teknologi

Keahliannya yang hebat membuat Jim mendirikan C2PRO Consulting, yaitu perusahaan konsultan IT untuk lembaga pemerintahan pada tahun 2001.

Kemudian tahun 2004, ia mendirikan dan mengoperasikan perusahaan konsultan keamanan TI Bellua Asia Pasific yang kemudian berubah nama menjadi Xynexis International. Di tahun 2004 juga, Jim mendirikan perusahaan jasa keamanan Noosc Global. Menurut informasi, pada tahun 2012, Jim tinggal di London, Inggris. Hebat!

Sumber: sooperboy.com

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here