Juknis Gaji 13 dan 14 ASN Kotamobagu Terbit, Rp20 Miliar Dikucurkan

0
284

Juknis Gaji 13 dan 14 ASN Kotamobagu Terbit, Rp20 Miliar Dikucurkan Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Petunjuk teknis (Juknis) untuk pencairan gaji ke-13 dan 14 atau Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu akhirnya terbit. Begitu diungkapkan Sekretaris Kota (Sekkot) Kotamobagu, Tahlis Gallang.

“Alhamdulillah, sudah disampaikan juga kepada semua pimpinan SKPD agar segera memerintahkan Bendaharanya menyiapkan dokumen pencairan,” ungkap Tahlis.

Untuk proses pemasukkan dokumen pencairan, kata Tahlis, tidak ada batasan bagi SKPD untuk memasukkannya. Malah, lamban dan cepatnya proses pencairan THR ini tergantung kesigapan masing-masing SKPD.

“Tidak ada batasan waktu. Lebih cepat masuk dokumen tentu lebih cepat cair, yang telat masuk ya telah cair juga. Tergantung SKPD masing-masing,” tambah Tahlis.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Pemkot, Rio Lombone mengungkapkan, proses pencairan akan berjalan pekan depan.

“Sudah ada juknisnya, untuk gaji ke-13 itu berdasarkan PMK nomor 96 tahun 2016 tentang gaji ke-13, dan untuk gaji ke-14 atau THR itu mengacu pada juknis PMK nomor 97 tahun 2016 tentang gaji ke-14/THR,” ungkap Rio.

Ia menambahkan, Pemkot menyediakan anggaran berkisar Rp 20 miliar untuk pembayaran kedua gaji tersebut, “Kalau gaji ke-13 itu hitungannya kan gaji pokok tambah seluruh tunjangan. Kita pakai patokan gaji bulan Juni saja, ada sekitar sebelas miliar rupiah. Nah, kalau gaji ke-14 belum ada hitungannya. Hanya gaji pokok. Jadi bisa dikisar tiga perempat dari gaji ke-13 atau sekitar Rp delapan hingga Sembilan miliar,” tambah Rio.

Soal jadwal pembayaran gaji ke-13 dan THR, Rio mengungkapkan bahwa sesuai PMK, keduanya dibayarkan secara bersamaan, “Gaji ke-13 dan 14 sesuai dengan PMK dibayarkan sama-sama pada bulan Juni. Mekanismenya tergantung daerah masing-masing,” tutup Rio.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here