Jumlah Pencari Kerja Meningkat, 4 Bulan Disperinaker Terbitkan 293 AK1

0
272
Jumlah Pencari Kerja Meningkat, 4 Bulan Disperinaker Terbitkan 293 AK1 Kotamobagu
Hidayat Mokoginta

ZONA KOTAMOBAGU – Jumlah pencari kerja di Kota Kotamobagu mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari banyaknya kartu kuning atau AK1 yang dikeluarkan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker). Di empat bulan pertama tahun ini atau Januari hingga April, ada 293 yang sudah diterbitkan. Jumlah tersebut diyakini akan terus bertambah hingga akhir tahun dan akan melebihi jumlah tahun lalu yang hanya 371 dokumen sejak Januari hingga Desember.

Kepala Bidang Tenaga Kerja, Idris Amparodo, mengatakan kartu kuning merupakan salah satu pelengkap berkas dalam melamar pekerjaan baik di lingkup swasta maupun pemerintahan. “Jumlah AK1 yang diterbitkan pasti akan terus meningkat di beberapa bulan lagi tahun ini,” katanya.

Ia mengungkapkan, pencari kerja yang mengurus AK1 ada yang melamar kerja di Kota Kotamobagu maupun di luar daerah. “Biasanya setelah mendapat pekerjaan, para pencari kerja ini tak melapor lagi, sehingga itu kita kesulitan menentukan apakah mereka (pencari kerja) sudah mendapat pekerjaan atau belum,” ungkapnya.

Kepala Disperinaker, Hidayat Mokoginta, menambahkan AK1 merupakan salah satu syarat administrasi yang harus dipenuhi setiap pencari kerja. “Setiap penerimaan karyawan baik di perusahaan dan lainnya, harus mengurus Ak1. Itu salah satu persyaratannya,” tambahnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here