Kapolres Bolmong Imbau Warga Jaga Kerukunan Beragama

0
305
Kapolres Bolmong Imbau Warga Jaga Kerukunan Beragama Hukum
Kapolres Bolmong, AKBP Wiliam Simanjuntak

ZONA HUKRIM – Kasus terbakarnya masjid di Papua dan berbagai isu negatif terkait Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) yang belakangan santer diberitakan, menjadi perhatian serius Kapolres Bolaang Mongondow, AKBP Wiliam Simajuntak.

Dirinya mengimbau masyarakat di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR) agar tidak terpengaruh dengan isu negatif SARA. “Saya berharap agar toleransi beragama yang terbagun kuat selama ini terus terjaga di bumi Bolaang Mongondow Raya,” kata Wiliam, Senin (20/7).

Menurutnya, secara demografi masyarakat BMR terdiri dari berbagai suku dan etnis, baik Mongondow, Minahasa, Gorontalo, Sangir, Jawa, Etnis Arab dan keturunan Cina. Juga terdiri dari multi agama, baik Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Konghuchu. “Dengannya saya imbau agar kerukunan dan kedamaian antarwarga tetap terjaga ini tidak terpengaruh isu negatif SARA yang dapat memecah belah,” ungkap Wiliam.

Dia meyakini, BMR menjadi bukti bahwa isu negatif SARA adalah mainan murahan yang tak bisa membutakan rasionalitas masyarakatnya. Sebagaimana dilihat pada hajatan pesta demokrasi Pilkada Boltim, yang kala itu menjadi pemenangnya adalah Sehan Landjar (Muslim) dan Medy Lensun (Kristen). Selama kampanye tidak pernah terdengar riak – riak isu SARA. Hal yang sama juga sewaktu Pilkada Bolmong yang memenangkan Salihi Mokodongan dan Yanny Tuuk.

Tak hanya itu, Wiliam juga menguraikan betapa toleransi beragam begitu kuat di wilayah BMR. Sebagaimana saat Natal lalu, pemuda remaja masjid dan forum pemuda muslim lainnya menjadi bagian dari pengamanan di gereja-gereja. Demikian juga saat umat muslim menjalani ibadah puasa ramadan, ada begitu banyak kegiatan yang justru dipelopori umat nasrani seperti buka puasa bersama serta acara silaturahmi lainnya

“Maka dari itu saya selaku Kapolres tak hentinya mengimbau agar masyarakat tidak mudah termakan isu dan diprovokasi pihak lain yang sengaja memecah belah kerukunan dan kedamaian di wilayah yang sama-sama kita cintai ini,” tandasnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here