Kasus Anak Bupati Boltim Mandek, Kapolsek Terkesan Plin-Plan

0
410
Kasus Anak Bupati Boltim Mandek, Kapolsek Terkesan Plin-Plan Boltim Headline Hukum
Kasi Intel Kejari Kotamobagu, Evans E. Sinulingga

ZONA HUKRIM – Kasus dugaan penganiayaan dengan tersangka Fuad Landjar, mandek di Polsek Urban Kotabunan. Setelah hampir dua bulan pihak Kejaksaan Negeri Kotamobagu menyatakan berkas kasus tersebut P21 (Hasil penyelidikan sudah lengkap), penyerahkan tersangka beserta barang bukti belum juga dilakukan penyidik kepolisian.

Baca Juga:

Diduga Aniaya Warga, Anak Bupati Boltim Dipolisikan

Anak Bupati Boltim Resmi Ditetapkan Tersangka

Kasus Anak Bupati P21, Kajari: Kami Tunggu Penyerahan Tersangka

Kapolsek Urban Kotabunan, Kompol Effendi Manoppo sendiri saat dimintai keterangan terkesan plin-plan. Beberapa pekan lalu Effendi mengatakan, penyerahan barang bukti dan tersangka kasus anak bupati boltim dilakukan setelah berkas perkara tersebut sudah rampung.

“Kalau berkas perkara tersebut sudah lengkap, kita akan langsung menyerakan tersangka dan babuk-nya ke Kejaksaan,” kata Effendi. (Baca juga: Ditanya Soal Kasus Fuad, Kapolsek: Yang Punya Masalah Saja Tidak Pernah Bertanya)

Anehnya, pernyataan Effendi tersebut berbeda dengan yang disampaikanya saat dihubungi zonabmr.com, Senin (07/9) siang tadi. Kata dia, pada hari Selasa (01/9) penyidik baru mengirimkan berkas perkara Ajudan Ibu Bupati Boltim yang juga ikut terkait dalam kasus tersebut.

“Yang dikirim pada hari Selasa lalu baru berkasnya Mansur Kodu alias Tuin sesuai dengan petunjuk Jaksa,” sebut Effendi. “Kalau berkas Fuad, kami masih menunggu petunjuk dari jaksa,” akunya.

Penyataan Effendi itu pun bertolak belakang dengan yang disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu melalui Kepala Seksi Intelijen, Evans E. Sinulingga. Kata dia, jika berkas perkara sudah dinyatakan P21, maka artinya berkas tersebut sudah lengkap.

“Kami tinggal menungu penyerahan tersangka dan barang bukti dari penyidik. Tidak ada lagi petunjuk, karena sudah dinyatakan P21. Sekali lagi tidak ada lagi petunjuk karena sudah P21,” tegas Evans saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (07/9) siang tadi. (Baca: Jaksa Minta Kasus Anak Bupati Boltim Segera Dilimpahkan)

Sekadar diketahui, kasus tersebut tak hanya melibatkan tersangka Fuad Landjar, Ibu Bupati dan ajudannya, bahkan ikut terseret juga menantu dari orang nomor 1 di Boltim ini. Tak hanya itu, belakangan muncul kasus berbeda yang menjerat Bupati Boltim sendiri. (Baca: Bupati Sehan Landjar Dilapor ke Polda Sulut).

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here