Kasus Pengancaman Warga Inobonto Disidangkan

0
396
Kasus Pengancaman Warga Inobonto Disidangkan Hukum
ilustrasi

ZONA HUKRIM – Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu mengelar sidang kasus pengancaman dengan terdakwa Robert Patonaung alias Obet (49) warga Desa Inobonto, Kecamatan Bolaang, Bolmong, Kamis (26/2). Sidang tersebut dipimpin Ketua Majelis Hakim Dewantoro SH MH dengan mengagendakan pemeriksaan saksi.

Dihadapan majelis hakim, Jeck Sahanggamu selaku saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengaku, bahwa dirinya bersama korban saat itu tengah melihat bibit pala di salah satu rumah warga. Di saat bersamaan datanglah terdakwa dan langsung berteriak kemudian mendorong korban.

“Abis (terdakwa) tola pa korban, dia bilang ‘Jangan pandang enteng ngana. Kita mobunung pa ngana’. Begitu majelis hakim yang saya lihat dan dengar,” kata Jeck.

Sementara itu, terdakwa sendiri membantah keterangan saksi tersebut saat dimintai tanggapan oleh Majelis Hakim. Meski begitu saksi tetap bersikukuh dengan kesaksiannya.

Sidang siang itu kemudian dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan terdakwa. Saat ditanyakan JPU Maryanti Lesar SH, terdakwa kembali menegaskan bahwa dirinya tidak mengucapkan kata ancaman tersebut kepada korban. Bahkan terdakwa malah mengatakan bahwa korban menjalin hubungan gelap dengan adiknya. Pernyataan terdakwa tersebut lanjut dibantah korban.

Agenda sidang tersebut kemudian ditutup majelis hakim dengan mengagendakan sidang tuntutan pada Kamis (05/3) pekan depan.

Sebelumya, dalam materi dakwaan JPU, Obet didakwa dengan pasal 335 ayat (1) ke 1, KUHPidana. Diuraikan, bahwa kasus ini terjadi pada tanggal 9 Juli 2014. Ancaman yang dilontarkan terdakwa saat itu, membuat korban bersama saksi Jeck langsung menghindari terdakwa. Kejadian tersebut membuat korban merasa malu dan takut nyawanya terancam, hingga dirinya melapor ke Polisi.

Peliput: Zulkifli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here