Kawal Penggunaan Anggaran Penanganan Covid-19, Pemerhati Bolmut: Rawan Disalahgunakan

0
88

Kawal Penggunaan Anggaran Penanganan Covid-19, Pemerhati Bolmut: Rawan Disalahgunakan Bolmut Headline

ZONA BOLMUT – Anggaran Rp29 miliar yang dialokasikan Pemeritah Kabupaten (Pemkab) untuk pencegahan dan percepatan penanganan Covid-19 di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), diharapkan bisa sesuai peruntukkannya.

“Berdasarkan informasi, peruntukan anggaran ini khusus untuk pengadaan APD (Alat Pelindung Diri) para medis, serta ruang isolasi permanen RSUD. Pelaksanaannya harus benar-benar terkawal baik oleh pihak kejaksaan, kepolisian, LSM maupun wartawan, agar penggunaannya bisa sesuai,” ungkap Crhistovel Buhang S.Sos, salah satu pemerhati Bolmut kepada media ini.

Ia menyebut, pengadaan barang dan jasa di bidang kesehatan untuk penanganan Covid-19 sangat rawan disalahgunakan. “Kami menilai pengadaan barang dan jasa penanganan Covid-19 ini rawan. Misalnya fee proyek dari pihak ketiga kepada pemilik program untuk melancarkan rencananya mendapatkan pekerjaan tersebut,” sebutnya.

Ia mengungkapkan, jika ada pejabat di lingkungan Pemkab Bolmut yang terbukti dengan sengaja memainkan praktek melawan hukum, maka harus diberi hukuman yang setimpal. “Kami harapkan seperti itu, agar tidak ada oknum yang mencari keuntungan di saat kondisi sulit seperti saat ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bolmong Utara (Bolmut), Moch Riza Wisnu Wardhana SH MHum, ketika diminta tanggapannya mengatakan, siap mengawal pelaggaran hukum yang terjadi di Kabupaten Bolmut, terlebih soal anggaran penanganan Covid-19.  “Jika terbukti menerima fee proyek pengadaan barang dan jasa penanganan Covid-19 di Kabupaten Bolmut, kami siap untuk melakukan pengawalan hukum sesuai ketentuan yang berlaku yakni hukuman mati,” tegas Wisnu. (Rendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here