Kecewa Tuntutan Jaksa, Keluarga Korban Mengadu Hingga Kejaksaan Agung RI

0
335
Kecewa Tuntutan Jaksa, Keluarga Korban Mengadu Hingga Kejaksaan Agung RI Hukum
Rabu (11/6) lalu, keluarga korban sempat mengamuk saat keluar ruang sidang, lantaran tak terima tuntutan jaksa

ZONA HUKRIM – Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap para terdakwa kasus penganiayaan hingga mengakibatkan kematian almarhum Reymon Wuse, warga Desa Tungoi, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), berbuntut kekecewaan keluarga korban. Pasalnya, mereka tidak terima tuntutan 6 tahun yang dijatuhkan kepada para terdakwa.

Farly Wuse yang merupakan ayah korban menuturkan, dirinya sangat kecewa dengan tuntutan tersebut. lantaran kata dia, sebelumnya JPU AH MAyangkra SH sempat mengaku bakal menjatuhkan tuntutan minimal 9 tahun kepada para terdakwa.

“Tuntutan minimal 9 tahun itu dikatakan Jaksa, sesuai prosedur hukum yang berlaku, itu juga dikatakannya saat kami bertemu di kediamannya. Pertemuan kami itu juga sebulan sebelum agenda sidang tuntutan.” kata Farly saat bersua dengan zonabmr.com, Rabu (02/7) siang tadi.

Dikatakannya lagi, namun berbeda yang dalam persidangan, ketujuh terdakwa hanya dituntut 6 tahun. kami pihak keluarga sangat kecewa dengan hal itu, “Padahal pasal yang digunakan dalam tuntutan, ancaman hukumannya maksimal 12 tahun, lalu kenapa hanya setengahnya yang dijatuhkan jaksa, kemana selisihnya,” keluh Farly.

Menganggap tidak mendapatkan keadilan, dirinya pun melayangkan surat pengaduan langsung ke Kejaksaan Negeri Kotamobagu, “Kami, pihak keluarga sudah melayangkan surat terkait masalah ini, dan suratnya ditujukan langsung kepada Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu tertanggal 16 juni 2014. Surat itu juga tembusannya kepada Kepala Kejati Sulut dan Kepala Kejaksaan Agung RI di Jakarta,” bebernya.

Sekedar diketahui, AH Mayangkara SH selaku JPU melalui surat tuntutannya nomor REG-3/KBGU/EP2/01/2014, dalam persidangan di Pengadilan Negeri Kotamobagu Rabu (11/6) lalu, menyatakan agar majelis hakim memutuskan keempat terdakwa terbukti bersalah sebagaimana diatur dalam pasal 170 ayat (1) jo ayat (2) ke-3 KUHPidana. Dalam tuntutannya JPU meminta Majelis Hakim menjatuhkan pidana kepada para terdakwa, 6 tahun pidana penjara. Demikian juga dengan tiga terdakwa lainnya dalam berkas terpisah.(zul)

(konfirmasi kepada AH Mayangkara SH akan diupayakan dalam waktu secepatnya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here