Kelola Potensi Desa, Pemdes Kopandakan I Dapat PADes

0
263
Kelola Potensi Desa, Pemdes Kopandakan I Dapat PADes Kotamobagu
Usaha Pertamini yang diolah BUMDes Kopandakan I.

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Desa Kopandakan I, Kecamatan Kotamobagu Selatan, memanfaatkan anggaran besar yang masuk ke desa untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), beberapa sektor usaha dijalankan seperti menjual BBM lewat pertamini, kue, pangkalan gas LPG serta ternak ayam. Pengembangan semua jenis usaha itu selain untuk meningkatkan ekonomi masyarakat juga untuk menggenjot Pendapatan Asli Desa (PADes).

“Sudah jalan semuanya. Khususnya ternak ayam itu sudah mulai Bulan Januari, dan sejauh ini sudah mampu memberikan keuntungan yang besar untuk pemberdayaan masyarakat maupun sebagai salah satu sumber PADes,” kata Kepala Desa Kopandakan I, Muslim Tungkagi.

Ia mengungkapkan, kedepannya pihaknya akan mengembangkan semua jenis usaha yang sedang dikelola melalui BUMDes. “Tentu kedepannya akan lebih dikembangkan lagi. Kami targetkan tahun depan tidak ada lagi ibu-ibu di desa ini yang menganggur, semua sudah harus ada kesibukan lewat usaha yang dikelola BUMDes,” ungkapnya.

Ditambahkannya, jenis usaha yang diolah lewat BUMDes tersebut merupakan hasil keputusan bersama antara pemerintah dan masyarakat lewat musyawarah desa. “Kami berharap usaha ini bisa mendapatkan hasil yang baik dan menjadi sumber pendapatan desa yang dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat di sini,” harapnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here