Kelompok Tani Inanipon Jaya Produksi Beras Segara di Kotamobagu

0
38

Kelompok Tani Inanipon Jaya Produksi Beras Segara di Kotamobagu Headline Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Kualitas beras hasil produksi petani di Kota Kotamobagu cukup baik dan bisa bersaing dengan beras dari daerah lain. Tak heran, jika beras asal daerah ini paling banyak dicari. Kelompok Tani (Poktan) Inanipon Jaya adalah salah satu distributor beras segar dalam kemasan lima kilo gram.

“Sementara ini produksi kami baru untuk didistribusikan ke beberapa tempat, termasuk Toko Tani Indonesia yang ada di wilayah Kota Kotamobagu. Tapi target kita tahun ini bisa memproduksi dalam jumlah besar untuk menjangkau permintaan dari pasar luar daerah, seperti Manado, Bitung dan daerah sekitar lainnya,”kata Sekretaris Kelompok Tani Inanipon Jaya, Lii Bambuena.

Aktivitas Poktan Inanipon Jaya dalam memproduksi beras sangat membantu Pemerintah Kota (Pemkot) dalam menjaga ketersediaan beras di Kota Kotamobagu.

Soal kualitas, ia menjamin beras yang diproduksi kelompok tani tempatnya bernaung itu cukup baik dan bisa bersaing dengan beras asal daerah lain. “Beras kami ini diproduksi dari sawah yang kami olah sendiri. Setelah proses produksi, kita kemas sebaik mungkin kemudian didistribusikan,” ujarnya.

Untuk menggarap lahan persawahan, ia mengungkapkan pihaknya mengandalkan perlatan mesin pertanian yang diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut). “Kami dapat bantuan dari Pemprov berupa dana untuk menunjang operasional kelompok dalam menggarap lahan. Kemudian adajuga bantuan peralatan, seperti timbangan elektrik, vacum sealer, box dryer atau mesin pengering dan beberapa peralatan lainnya. Bantuan yang diberikan itu, sangat membantu kami mulai dari proses tanam sampai produksi,” ungkapnya. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here