Kembangkan e-Government, Dinas Kominfo Tambah Ilmu di Jakarta

Kembangkan e-Government, Dinas Kominfo Tambah Ilmu di Jakarta Kotamobagu
Kepala Dinas Kominfo (tengah) dan jajarannya saat berada di UPT JSC.

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) serius mengembangkan e-Government. Study banding dengan daerah lain yang lebih maju dilakukan sebagai bahan perbaikan kedepannya. Jumat (11/5), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengunjungi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jakarta Smart City (JSC) yang dikelola Dinas Kominfo DKI Jakarta.

Menurut Kepala Dinas Kominfo, Ahmad Yani Umar, kunjungan ke UPT JSC itu penting dilakukan guna menambah ilmu dan pengetahuan dalam penerapan dan pengembangan e-Governement di Kota Kotamobagu. “Jakarta Smart City ini menjadi salah satu rujukan pemerintah daerah di Indonesia dalam implementasi kota cerdas. Apalagi Jakarta sebagai ibu kota negara dengan kompleksitas permasalahan pemerintahan yang begitu tinggi, terutama aspek pelayanan publiknya. Dengan penerapan berbagai layanan aplikasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi, terjadi peningkatan yang signifikan dari sisi pelayanan pemerintahan yang semakin efektif dan efisien,” katanya.

Dari kunjungan ke UPT JSC itu, ia mengakui ada beberapa hal yang didapat dan bisa diterapkan di Kota Kotamobagu, salah satunya adalah bekerja sama dengan berbagai star-up pengembang aplikasi. “Jakarta Smart City memfasilitasi dengan menyediakan berbagai data pemerintahan melalui aplikasi open data yang bisa diakses oleh para pengembang aplikasi. Selain itu, dalam memasarkan berbagai produk daerah khususnya UMKM, tokopedia telah menyediakan laman khusus bagi Pemprov untuk memasarkan berbagai produk unggulannya. Jadi mereka tak perlu lagi membuat aplikasi tersendiri, dan ini bisa kita terapkan untuk UMKM yang ada di Kotamobagu,” ungkapnya.

Disisi lain, ia mengungkapkan kunjungan pihaknya ke UPT JSC tersebut mendapat penyambutan yang baik dari Dinas Kominfo DKI Jakarta. “Alhamdulillah mereka terbuka dan menyambut kedatangan kami dengan baik. Mereka juga mempresentasikan profil Jakarta Smart City dengan berbagai layanan aplikasinya yang semuanya sudah terintegrasi,” sebutnya. (ads/gito)

 

Leave a Response