Kembangkan Kopi Kotamobagu, Pemkot dan BI Teken MoU

0
211

Kembangkan Kopi Kotamobagu, Pemkot dan BI Teken MoU Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu dan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) terkait program pengembangan produk unggulan yakni kopi. MoU tersebut ditandatangani di Rumah Dinas Wali Kota, Minggu (18/06).

Menurut Kepala Perwakilan BI Sulut, Soekowardojo, potensi pengembangan komoditas kopi di daerah Sulut khusunya di Kotambagu dinilai sangat menjanjikan. “Kami melihat potensi komoditas kopi di Kota Kotamobagu cukup besar dengan kualitas yang tidak kalah dari daerah lain,” katanya.

Penandatangan kerja sama di bidang komoditas kopi itu, selain potensi sangat besar, kopi Kotamobagu juga sudah memiliki sertifikat organik yang banyak dicari pasar nasional maupun internasional. “BI sendiri juga akan siap untuk memperkenalkan produk ini kepada pengekspor kopi di Indonesia,” ucapnya.

Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara mengatakan, sebelum dilakukan MoU sudah dilakukan pertemuan dengan pihak BI Perwakil Sulut untuk membicarakan soal kerja sama tersebut. Menurutnya, kerjasama yang dilakukan demi peningkatan eknomi kerakyatan di daerah.

“Jika sudah masuk pasar ekspor, bukan saja peningkatan ekonomi kerakyatan, tapi mampu meningkatkan devisa bagi negara,” jelasnya.

Wali Kota berharap, kerja sama itu akan meningkatkan pendapatan petani di Bolaang Mongondow Raya. “Mudah-mudahan, kerja sama ini dapat menjamin petani, terkhusus di Kota Kotamobagu,” harapnya.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here